Sunday, June 30, 2019

PGF-Blur dan Controls: Kesan ``Teduh'' di Tepi Garis

Dalam tulisan ini penulis menitikberatkan pada penggunaan dua hal, yaitu kepustakaan shadows.blur dan perintah controls. Pelengkapnya adalah pengisian path tertutup oleh gambar (image). Gambar dimaksud berupa pecahan uang 10, 20, 50, dan 100 ribu yang dapat Anda peroleh dari Google.
Sebagai contoh, dokumen ini (dalam kelas dokumen standalone), semata-mata ``menyontek'' dari promosi suatu perusahaan sebagaimana tampak pada gambar di samping ini. Untuk maksud melukis huruf-huruf yang disertai oleh bayangan (shadow) dengan kesan kurang terang (blur) alias ``remang-remang'', maka huruf-huruf itu tidak diambil dari suatu paket jenis huruf tertentu melainkan dibentuk langsung dalam gambar tikz
Secara teknis penulis menggunakan GeoGebra untuk menetapkan koordinatnya. Kali ini penulis benar-benar ``nguli'', yaitu setiap koordinat ditetapkan kemudian semuanya dirangkaikan sehingga membentuk path tertutup untuk huruf itu. Gambar promosi itu disertakan ke dalam berkas GeoGebra kemudian dipilih dan ditetapkan koordinat-koordinat yang (kira-kira) sesuai untuk tiap huruf tersebut. Tak berarti ``mudah'' karena absis dan ordinat pada tiap koordinat itu bukan berupa bilangan bulat dan sedikit ``kerumitan'' pada bagian lengkungnya. Pada bagian garis lengkung untuk huruf U, karena simetris, penulis buat dengan perintah pembentuk busur (arc). Garis lengkung pada bagian atas huruf G masih bisa dibuat dengan perintah arc tetapi tidak pada bagian bawahnya. Garis lengkung pada bagian bawah huruf G itu penulis buat dengan perintah controls

Lukisan

Kelas dokumen Anda
\documentclass[border=15pt]{standalone}
Anda dapat menggunakan pewarnaan
\usepackage[dvipsnames,x11names]{xcolor}
Paket utama untuk menggambar beserta kepustakaannya yang diperlukan
\usepackage{tikz}
\usetikzlibrary{shadows.blur}
Anda telah siap untuk membuat gambar tikz pada badan dokumen. Perhatikan gambar ketiga di atas. Untuk menggambar huruf U, Anda berawal pada koordinat kiri atas $(0,4.5)$ kemudian turun dan melintasi seluruh sisi pada huruf U dan kembali ke titik semula. 
(0,4.5)--(0,1) arc(180:270:1)--(1.4,0) arc(270:360:1)--(2.4,4.5)--(1.4,4.5)--(1.4,1) arc(0:-180:.2)--(1,4.5)--cycle
Perhatikan kembali tulisan ini. Untuk mengisi daerah (bagian dalam) huruf U, Anda gunakan opsi

path picture={
    \node[shift={(<koordinat>)}] at (path picture bounding box.center)
        {\includegraphics[<ukuran>]{<berkas gambar>}} ;
                        }
        ] <path tertutup> ;
Misalkan gambar pecahan uang 10 ribu (dengan ekstensi *.jpg atau *.png) yang akan Anda sisipkan ke dalam daerah huruf U itu dinamai sebagai uang10. Perintah lengkap berikut ini menyatakan bahwa Anda menggambar huruf U itu, mewarnai garis tepinya, memberikan kesan blur pada bagian luarnya, dan mengisi daerahnya oleh gambar uang itu.
\path[draw=Purple4,blur shadow,path picture={
    \node[shift={(-3.45,0)}] at (path picture bounding box.center)
        {\includegraphics[height=4.5cm]{uang10}} ;
                        }
        ] 
(0,4.5)--(0,1) arc (180:270:1)--(1.4,0) arc(270:360:1)--(2.4,4.5)--(1.4,4.5)--(1.4,1) arc(0:-180:.2)--(1,4.5)--cycle;
Perhatikan opsi blur shadow. Opsi itu menghasilkan bayang-bayang (shadow) blur pada bagian luar garis dari suatu bangun yang digambar. Opsi itu dapat digunakan berkat kepustakaan shadows.blur dalam paket tikz. Untuk mengetahui lebih jauh tentang penggunaan kepustakaan itu, silakan pelajari dokumentasinya ini.
Dengan cara yang sama, berikut ini perintah beserta opsinya untuk huruf A dengan koordinat-koordinat pembentuknya yang bersesuaian. Misalkan gambar pecahan uang 20 ribu yang disisipkan ke dalam daerah huruf A itu dinamai sebagai uang20.
\path[draw=OliveDrab4,blur shadow,path picture={
    \node[shift={(-3.25,0)}] at (path picture bounding box.center)
        {\includegraphics[height=4.5cm]{uang20}} ;
                        },even odd rule
        ] 
(2.9,0)--(3.5,4.5)--(5.1,4.5)--(5.8,0)--(4.68,0)--(4.6,.84)--(4.1,.84)--(4.02,0)--cycle (4.34, 3.56)--(4.17,1.64)--(4.52,1.64)--cycle;
Perhatikan bahwa huruf A dibentuk oleh dua path tertutup (cycle), yaitu pada bagian luar dan bagian dalam (berupa segitiga).
Untuk huruf N, misalkan gambar pecahan uang 50 ribu yang disisipkan ke dalam daerahnya dinamai sebagai uang50.
\path[draw=DodgerBlue4,blur shadow,path picture={
    \node[shift={(-3.5,0)}] at (path picture bounding box.center)
        {\includegraphics[height=4.75cm]{uang50}} ;
                        }
        ]
(6.3,0)--(6.3,4.5)--(7.3,4.5)--(7.96,2.36)--(7.96,4.5)--(8.96,4.5)--(8.96,0)--(7.96,0)--(7.3,2.07)--(7.3,0)--cycle;
Sebelum beranjak ke huruf G, perhatikan hal berikut ini. Perintah gambar
(<koordinat1>)--(<koordinat2>)
akan menghasilkan (ruas) garis lurus. Jika Anda ingin melengkungkan bagian garis di antara kedua koordinat itu maka Anda dapat melakukkannya oleh perintah controls. Anda dapat melengkungkannya pada satu koordinat 
(<koordinat1>) .. controls (<koordinat pelengkung>) .. (<koordinat2>)
atau pada dua koordinat
(<koordinat1>) .. controls (<koordinat pelengkung1>) and (<koordinat pelengkung2>) .. (<koordinat2>)
Nah, berikut ini perintah beserta opsinya untuk huruf G dengan koordinat-koordinat pembentuknya yang bersesuaian. Misalkan gambar pecahan uang 100 ribu yang disisipkan ke dalamnya dinamai sebagai uang100.
\path[draw=Brown4,blur shadow,path picture={
    \node[shift={(-3.75,0)}] at (path picture bounding box.center)
        {\includegraphics[height=4.75cm]{uang100}} ;
                        }
        ]  
(9.46,3.16) arc (180:0:1.34)--(12.14,2.88)--(11,2.88)--(11,3.58) arc (0:180:.2)--(10.6,.84) arc (180:360:.2)--(11,1.64)--(10.8,1.64)--(10.8,2.4)--(12.14,2.4)--(12.14,0)--(11.46,0)--(11.3,.4) .. controls (11.2,-.3) and (9.46,-.1) .. (9.46,1.25)--cycle;
Apa itu shift? Mengapa gambar uang pada gambar yang ``disontek'' itu tampak miring?
Opsi shift adalah opsi penggeseran (translasi) dari koordinat yang telah ditetapkan.
shift={(<absis>,<ordinat>)}
Untuk penggeseran ke kanan, nilai absis bertanda positif. Sebaliknya, untuk penggeseran ke kiri nilai absis bertanda negatif. Untuk penggeseran ke atas, nilai ordinat bertanda positif. Sebaliknya, untuk penggeseran ke bawah nilai ordinat bertanda negatif.
Pada contoh dokumen ini penulis perlu menggeser gambar uang itu dari letak di pusat path tertutup (path picture bounding box.center) agar menghasilkan tampilan gambar uang yang diinginkan. Tentu, Anda dapat mengubah nilai absis/ordinat dalam pergeseran itu.
Selain opsi shift, dalam perintah \node itu, (bila diinginkan) Anda dapat menambahkan opsi rotate agar gambar uang itu tampak miring. Jika (misalnya) Anda ingin memutar gambar uang itu sejauh $20^\circ$ maka Anda nyatakan
\node[shift={(-3.75,0)},rotate=20] ... ;
Bagaimana dengan teks di bawah itu?😀
Perhatikan bahwa teks di atas itu oleh jenis huruf utama dalam contoh dokumen ini, yaitu roboto.
\usepackage[rm,medium]{roboto}
sedangkan teks di bawah itu menggunakan jenis huruf lain, yaitu lato.
Di dalam dokumen yang dikompilasi oleh compiler pdfLaTeX, Anda dapat menggunakan beberapa jenis huruf. Selain jenis huruf utama maka jenis huruf lainnya yang digunakan dalam dokumen itu harus Anda nyatakan dalam bentuk familinya sebagai
\fontfamily{<nama famili>}\selectfont
Famili dari jenis huruf lato adalah fla. Oleh karena (di dalam naskah/dokumen) Anda nyatakan
{ \fontfamily{fla}\selectfont <teks> }
Berikut ini beberapa contoh dari nama famili jenis-jenis huruf.

  • pag   Avant Garde
  • fvs   Bitstream Vera Sans
  • pbk   Bookman
  • bch   Charter
  • ccr   Computer Concrete
  • cmr   Computer Modern
  • pcr   Courier
  • phv   Helvetica
  • fi4   Inconsolata
  • lmr   Latin Modern
  • lmss  Latin Modern Sans
  • lmtt  Latin Modern Typewriter
  • pnc   New Century Scoolbook
  • ppl   Palatino
  • ptm   Times
  • uncl   Uncial
  • put   Utopia
  • pzc   Zapf Chancery

Tentang jenis-jenis huruf dalam dokumen $\LaTeX$ selengkapnya silakan Anda unduh dan pelajari dokumen ini.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2019

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...