Sunday, July 8, 2018

Membuat Daftar Butir di dalam Tabel

Membuat daftar butir (enumerate atau itemize) pada satu halaman kosong, tentu, dapat dilakukan dengan mudah. Hal berbeda terjadi ketika Anda harus membuatnya di dalam suatu sel pada suatu tabel, seperti tampak pada gambar di samping ini.
Selain membuat gambar (picture), membuat tabel memang tak selalu mudah. Kadang, dalam hal tertentu, Anda memerlukan beberapa ``siasat'' dalam membuatnya. Secara mendasar Anda dapat kembali membuka tulisan ini, itu, atau itu lagi untuk mengingat tentang teknis pembuatan tabel.
Uraian berikut ini akan merujuk kepada contoh dalam gambar di samping ini. Dalam hal pembuatan tabel, penulis seringkali menyiapkan tiga paket berikut ini.
\usepackage{booktabs,array,multicol}
Kemudian Anda siapkan paket enumitem dengan opsi shortlabels untuk membuat daftar butir. 
\usepackage[shortlabels]{enumitem}
Nah, ini dia ``pelaku utamanya'', Anda akan memanfaatkan lingkup perintah (environment) bawaan dari $\small\LaTeX$, yaitu minipage. Agar teks/paragraf di dalam minipage merapat ke tepi atasnya, Anda gunakan paket adjustbox.
\usepackage{adjustbox}
Untuk mengingat kembali tentang lingkup perintah minipage dan contoh penggunaannya, silakan ke sini, ke situ, atau ke sana
Sekarang Anda akan mulai membuat tabel tersebut. Anda gunakan saja lingkup perintah tabular, bawaan dari $\small\LaTeX$. Tampak bahwa tabel itu terdiri dari dua kolom dan Anda akan membuatnya pada satu halaman. Pertimbangkan ukuran kertas dan margin yang Anda tetapkan dalam opsi pada paket geometry. Penulis gunakan 
\documentclass[10pt]{article}
\usepackage[a4paper,margin=2cm]{geometry}
Dengan demikian bentuk tabel yang Anda buat seperti ini, 
\begin{tabular}{p{9.5cm}p{6cm}}
... & ...
\end{tabular}
Anda dapat mengubah lebar kolom pertama $9.5\,$cm dan lebar kolom kedua $6\,$cm, bila diperlukan. 
Perhatikan baris pertama, berupa kepala tabel dengan teks tebal, Anda menyatakannya dengan
\multicolumn{1}{c}{\bfseries Kompetensi Dasar Pengetahuan} &
\multicolumn{1}{c}{\bfseries Kompetensi Dasar Keterampilan}
Perintah \multicolumn (dari paket multicol) itu diperlukan karena, secara umum, baris-baris pada tabel itu ditetapkan ``rata-kiri'' sedangkan kepala tabel itu dibuat ``rata-tengah''.
Pada baris kedua, di sinilah Anda perlu bekerja dengan minipage (yang dipadukan dengan perintah dari paket adjustbox untuk perataan teks di dalamnya) karena pada sel ini Anda akan membuat daftar butir. Pada sel baris 2 kolom 1 Anda nyatakan sebagai berikut.
\adjustbox{valign=t}{
\begin{minipage}{9.5cm}
\begin{enumerate}[leftmargin=*]
\item[3.1] ...
\end{minipage}
}
Karena daftar butir pada contoh tersebut terdiri dari hanya satu butir maka penomorannya cukup diberikan secara langsung saja, oleh [3.1]. Kemudian cara yang sama Anda lakukan untuk mengisi sel pada baris 2 kolom 2.
Untuk mengisi baris ketiga (yang berupa kepala tabel), Anda lakukan cara yang sama seperti pada baris pertama.
Pada baris 4, Anda akan mengisi sel oleh banyak butir. Caranya sama seperti cara mengisi baris 2 tetapi pengaturan penomorannya sebagai berikut.
\adjustbox{valign=t}{
\begin{minipage}{9.5cm}
\begin{enumerate}[label=3.1.\arabic*]
\item ...
\item ...
\end{enumerate}
\end{minipage}
}
Perhatikan bahwa penghitungan dalam penomorannya berjalan pada angka terakhir (angka ketiga), itulah yang dilakukan oleh $\small\LaTeX$ atas perintah \arabic*. Dengan demikian hal yang sama Anda lakukan juga dalam mengisi sel pada baris 4 kolom 2, sehingga berbentuk
\adjustbox{valign=t}{
\begin{minipage}{6cm}
\begin{enumerate}[label=4.1.\arabic*]
\item ...
\item ...
\end{enumerate}
\end{minipage}
}
Agar lebih jelas lagi, berikut ini pengkodean selengkapnya untuk tabel pada contoh di atas.


Demikianlah semoga tulisan bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2018

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...