Tuesday, July 10, 2018

Daftar Butir dengan Lambang Berupa Gambar

Kreativitas seringkali menghadirkan sesuatu yang mencengangkan. Apa yang Anda bayangkan ketika melihat dokumen yang berisi bagian seperti tampak pada gambar di samping ini?
Ya, itu berbentuk daftar butir dengan lambangnya berbentuk gambar. Bagaimana membuat itu?
Anda harus bekerja dalam lingkup perintah (environment) itemize. Kemudian Anda harus memiliki gambar-gambar (ikon) yang diperlukan, karena gambar-gambar itu Anda impor (tidak dibuat langsung di dalam dokumen Anda). Sudah terbayang, bukan? Anda memerlukan
\usepackage[shortlabels]{enumitem}
juga (untuk memuat gambar impor)
\usepackage{graphicx}
Karena lambang untuk butir-butir dalam itemize itu bukan label yang biasa, maka Anda lebih dulu perlu mengatur opsi untuk daftar butir itu sebagai berikut.
\setlist[itemize,1]{leftmargin=.65cm,labelsep=0mm,topsep=0mm,itemsep=0mm,parsep=0mm}
Nilai-nilai dalam tiap opsi itu dapat Anda atur sesuai dengan ketepatan hasilnya dalam dokumen Anda. leftmargin adalah opsi untuk mengatur jarak label/butir itu dari margin kiri yang telah Anda tetapkan pada opsi dalam paket geometry. Anda dapat mengatur nilai untuk opsi ini sedemikian hingga tepi kiri lambang/gambar itu rata dengan tepi kiri dari huruf awal pada teks di atas daftar butir itu. Perhatikan contoh di samping ini yang dibuat di dalam dokumen tanpa indentasi.
labelsep adalah opsi untuk mengatur jarak antara label/lambang/gambar dengan teks di kanannya pada butir itu. topsep adalah opsi untuk mengatur jarak antara butir pertama dengan teks di atas butir itu. itemsep adalah opsi untuk mengatur jarak antarbutir. parsep adalah opsi untuk mengatur jarak antarparagraf dengan anggapan bahwa tiap butir sebagai satu paragraf.
Sekarang bagaimana cara menempatkan gambar/ikon itu ke dalam daftar butir?
Perhatikan bahwa tiap gambar/ikon itu akan diperlakukan sebagai label. Lebih dulu tetapkan perintah baru untuk tiap gambar/ikon itu. Agar lebih mudah dalam mengatur letaknya, Anda gunakan saja paket tikz dan gambar/ikon itu termuat berkat paket graphicx. Misalkan gambar/ikon Anda berbentuk ``jam'', maka perintah baru itu dapat Anda nyatakan sebagai berikut.
\newcommand{\jam}{%
\tikz[baseline=-3pt] \node (0,0) {\includegraphics[scale=.05]{jam}};
}
Kemudian Anda buat daftar butir itu sebagai berikut (kiri) dan hasilnya dapat Anda lihat di kanannya.
Lalu bagaimana bila Anda inginkan gambar/ikon yang digunakan itu berbeda-beda?
Untuk mencapai hal itu, silakan Anda buat perintah-perintah baru seperti di atas. Untuk memudahkan, namailah tiap perintah itu sesuai dengan bentuk gambar/ikon yang Anda gunakan. Misalnya, kalau gambar/ikon itu berbentuk buku maka namai perintahnya sebagai \buku.
Misalkan Anda akan membuat daftar butir yang terdiri dari $5$ butir dengan label berbentuk gambar/ikon berbeda. Misalkan pula perintah-perintah baru untuk label-label itu adalah \toga, \buku, \cancel, \sertifikat, \globe. Sekarang, karena labelnya berbeda-beda, maka masing-masing label itu Anda letakkan untuk satu butir sebagai berikut. 
Bagaimana, mudah bukan? (O ya, gambar-gambar/ikon-ikon tersebut penulis peroleh dari iconspedia.)
Berikut ini saya lampirkan pengkodean selengkapnya untuk contoh di atas.


Demikian semoga tulisan ini bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2018

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...