Tuesday, October 10, 2017

Tutorial No. 22: Yuk, Kita Menggambar!

Perintah \draw

Di dalam gambar TikZ Anda akan terbiasa dengan ``menetapkan perintah di dalam perintah''. Perhatikan kembali contoh pada Tutorial No. 21 berikut ini.
\node[circle,draw,red] (a) {};
Perintah pokoknya adalah node, tetapi opsi draw itulah yang memerintahkan $\small\LaTeX$ untuk mencetak lingkaran, selebar satu karakter huruf, yang ditetapkan oleh opsi circle di kirinya itu. Tanpa perintah draw maka lingkaran itu tidak akan dicetak oleh $\small\LaTeX$.
Selain itu perlu diperhatikan bahwa setiap perintah di dalam gambar TikZ selalu diakhiri oleh titik-koma (semicolon).
Bagaimana dengan kepustakaan TikZ, apakah harus selalu ada? Kepustakaan mana saja yang kita perlu cantumkan dalam membuat suatu gambar TikZ?
Ada beberapa kepustakaan TikZ dan kita cantumkan pada mukadimah sesuai dengan keperluannya. Misalnya, (silakan buka kembali Tutorial No. 21) dalam perintah node, untuk menempatkan node baru dengan mengacu pada suatu node yang telah ditetapkan sebelumnya maka kita harus mencatumkan kepustakaan positioning pada mukadimah sebagai
\usetikzlibrary{positioning}
Bila kita bermaksud mengarsir suatu daerah di dalam gambar TikZ maka kita memerlukan dukungan dari kepustakaan patterns. Bila kita ingin menetapkan perpotongan dari dua kurva maka kita memerlukan dukungan dari kepustakaan intersectionsBila kita ingin menetapkan perhitungan tertentu maka kita memerlukan dukungan dari kepustakaan calc. Demikianlah semua kepustakaan TikZ yang tersedia di dalam paket tikz dapat Anda pelajari dalam dokumentasinya pada halaman 518-763. Bila Anda ingin melihat dan mempelajari beberapa di antaranya hasil terjemahan penulis dari forum pengguna $\small\LaTeX$, silakan ke sini.

Koordinat dan Titik

Dalam Geometri, suatu gagasan selalu berhubungan dengan titik, garis, dan bidang, dan ditampilkan dalam bentuk bangun (figure). Garis dan bidang ditetapkan oleh titik-titik, sedangkan letak suatu titik ditetapkan oleh koordinat. Nah, sekarang penulis ajak Anda untuk memperhatikan koordinat dan titik secara geometris di dalam gambar TikZ.
Bedakah koordinat dan titik?
Di dalam gambar TikZ, penulis menyebut ``koordinat'' untuk suatu node yang ditetapkan sedangkan ``titik'' berupa gambar noktah (berbentuk lingkaran) untuk koordinat tersebut. Meskipun demikian dapat terjadi penulis pun kadang menyebut ``koordinat" kadang menyebut ``titik'' untuk maksud yang sama. 
Ada dua cara dalam menetapkan suatu koordinat, yaitu dalam koordinat kartesius atau dalam koordinat kutub.
Perhatikan perintah coordinate pada baris 8 s.d. 10. Pada baris 8, titik O ditetapkan pada koordinat $(0,0)$. Penamaan (label) titik itu sekaligus disertakan sebagai opsi pada perintah coordinate tersebut. Titik O itu dimai sebagai O pula tetapi letak nama itu diserahkan kepada TikZ dan secara bawaan TikZ menempatkannya di atas koordinat tersebut. Bila sampai baris 8 saja kemudian dikompilasi maka $\small\LaTeX$ akan mencetak hanya huruf O.
Sekarang perhatikan baris 9. Sama seperti baris 8 tetapi letak nama titik itu ditetapkan di bawah koordinat itu. 
Pada baris 8 dan 9, kedua titik O dan A ditetapkan dalam koordinat kartesius. Pada baris 10, titik B ditetapkan dalam koordinat kutub. Perhatikan cara menetapkan koordinat kutub suatu titik,
\coordinate[<opsi>] (<titik>) (<koordinat>);
Pada baris 10 itu titik B ditetapkan pada nilai sudut $\measuredangle{X_+OB}=10^\circ$ dan untuk panjang jari-jari $3\,\textrm{cm}$ dari O. Tetapi titik ini tidak dinamai B melainkan (dalam modus rumus) sebagai $P$ dan diletakkan di atasnya. 
Tampak bahwa keuntungan dari cara ini adalah menetapkan suatu koordinat, menamainya, dan menempatkan namanya itu secara sekaligus. Semua pilihan letak untuk nama titik dengan cara ini adalah below, below left, below right, above, above left, above right.
Perintah draw pada baris 11 s.d. 13 adalah perintah untuk menggambarkan noktah (berupa lingkaran) untuk ketiga titik itu. Opsi fill menyatakan perintah untuk mengisi daerah lingkaran itu oleh warna dasar dari $\small\LaTeX$, yaitu hitam. Satuan pt merupakan satuan pengukuran dalam program $\small\TeX$. Untuk membandingkan seberapa besar nilai $1\,\textrm{pt}$ dibandingan dengan satuan pengukuran lainnya, perhatikan dokumen berikut ini.


Cara kedua untuk penamaan titik adalah dengan memberikan perintah tersendiri di luar perintah coordinate, yaitu oleh perintah node, sebagai berikut.
Dengan cara kedua tersebut, kita dapat menggeser nama titik itu ke kiri, ke kanan, ke atas, atau ke bawah dari penetapan semula; juga dapat memadukan dua pergeseran itu secara sekaligus.Perhatikan baris 11. Kita letakkan nama titik O itu di bawah koordinatnya tetapi kemudian kita menggesernya lagi ke kiri sejarak $0.15\,\textrm{cm}$.
Pada baris 12, kita letakkan nama titik A di kanan koordinatnya tetapi kemudian menurunkannya sejarak $0.1\,\textrm{cm}$. 
Pada baris 13, nama dari titik B adalah $P$ yang kita letakkan sejarak $0.25\,\textrm{cm}$ ke atas dan $0.2\,\textrm{cm}$ ke kanan.


Penutup

Cara ketiga untuk penamaan titik adalah bersamaan dengan perintah untuk menggambar (ruas) garis atau bidang, atau dalam suatu perintah path, yang akan penulis ulas kemudian.
Nah, hingga di sini penulis berharap Anda sudah dapat mempraktikkan perintah-perintah node, coordinate, dan meletakkan nama-nama titik dalam beragam opsi.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...