Monday, October 9, 2017

Tutorial No. 21: Berkenalan dengan TikZ, Kesan Pertama pada Node

Apa itu TikZ
Pada mulanya TikZ merupakan corak $\small\LaTeX$ untuk membuat grafik dalam tesis PhD secara langsung dalam dokumen pdf$\small\LaTeX$ milik pembuatnya, yaitu Till Tantau
Pada dasarnya TikZ menetapkan sejumlah perintah $\small\TeX$ (yang kemudian menjadi sebuah paket) untuk menggambar grafik. Itu berarti bahwa ketika kita menggunakan TikZ maka kita membuat ``program'' untuk menggambar grafik sebagaimana kita membuat ``program'' untuk menyusun dokumen $\small\LaTeX$ dengan menggunakan $\small\TeX$. Itu sebabnya, TikZ bukanlah program (khusus) untuk membuat gambar (TikZ ist kein Zeichenprogramm) melainkan bagian dari dokumen $\small\LaTeX$ itu sendiri. 
Perhatikan contoh berikut ini.

Dengan menggunakan TikZ kita mendapatkan semua keuntungan dari ``pendekatan $\small\TeX$ dalam penyusunan dokumen'' untuk grafik, yaitu pembuatan grafik sederhana yang cepat, penentuan posisi yang tepat, penggunaan makro, dan umumnya tipografi yang unggul. Tetapi kita juga mewarisi semua kerugiannya, yaitu kurva belajar yang curam, tidak bersifat ``yang dilihat itu yang didapat'' (WYSIWYG), perubahan kecil memerlukan waktu kompilasi yang lama, dan kodenya tidak benar-benar ``menunjukkan'' bagaimana sesuatu akan terlihat.
Lalu, apa itu PGF? 
Seperti telah disebutkan di atas, TikZ mengawali sebagai sebuah proyek untuk menerapkan makro grafis $\small\TeX$ yang dapat digunakan baik dalam pdf$\small\LaTeX$ maupun dalam $\small\LaTeX$ klasik (berbasis PostScript). Dengan kata lain, Till Tantau ingin menerapkan ``format grafis portabel'' untuk $\small\TeX$. Itulah sebabnya disebutnya PGF (Portable Graphics Format). Makro awalnya itu masih melingkupi dan membentuk ``lapisan dasar'' bagi TikZ. Demikianlah Till Tantau menuliskan pengantarnya untuk dokumentasi paket PGF/TikZ.


Node

Baiklah, sekarang perhatian Anda akan penulis ajak kepada gambar TikZ
Gambar/grafik, tentu saja, hanya merupakan bagian dari suatu naskah (dokumen). Paket TikZ memiliki cara yang khas untuk membuatnya, baik secara sebaris (inlinedengan teks maupun secara terpisah dalam baris atau paragraf baru. 
Seperti telah dicontohkan di atas, suatu gambar TikZ dapat dibuat sebaris (inline) dengan teks oleh perintah
\tikz[<opsi>] <perintah_gambar_tikz>;
tetapi juga (pada umumnya) dapat berbentuk lingkup perintah (environment) sebagai berikut
\begin{tikzpicture}[<opsi>]
<perintah_gambar_tikz>
\end{tikzpicture}
yang akan dicetak oleh $\small\LaTeX$ pada baris atau paragraf baru. 
Sekarang, apa itu node?
Node dapat dipahami sebagai ``letak'' atau ``tempat'' atau ``posisi''. Suatu node merupakan bagian kecil dari suatu gambar. Ketika suatu node dibuat, Anda menyediakan letak/tempat/posisi yang dapat diisi oleh sesuatu (gambar dan/atau teks). Perhatikan contoh berikut ini.
Perhatikan baris 11, perintahnya berbentuk
\node[<opsi>] (<koordinat>){<sesuatu>}
Pada baris 11 itu, TikZ menetapkan suatu koordinat $(a)$. Di manakah koordinat itu? Sebagai dasar (awal), TikZ menetapkan koordinat pada pusat Kartesius, yaitu $(0,0)$. Bangun geometris pada perintah node dicantumkan sebagai opsi. Opsi circle menetapkan suatu lingkaran, opsi draw memerintahkan untuk menggambarnya, dan opsi red mmerintahkan untuk mewarnai merah lingkaran itu. Karena ukuran dari lingkaran itu tidak ditetapkan, maka secara asal (default) TikZ menetapkan diameternya selebar satu karakter huruf. Perlu diketahui bahwa paket telah menyertakan warna dasar, sehingga kita dapat menggunakannya. Apa sajakah warna dasar itu? Silakan Anda lihat di sini.
Sekarang mari kita lihat baris 12. Pada node yang sama, yaitu $(a)$, dan dengan dua opsi yang sama tetapi kali ini ukuran lingkaran itu ditetapkan sedangkan pewarnaan diserahkan kepada warna dasar oleh $\LaTeX$, yaitu hitam. Perhatikan bahwa penetapan ukuran untuk bangun geometris pada perintah node berbentuk
minimum width=...<satuan>
dan bila diperlukan dapat pula ditambahkan
minimum height=...<satuan>
Mengapa kurung kurawal pada baris 11 dan 12 itu kosong alias tidak diisi?
Seperti telah disebutkan di atas, kita dapat mengisinya oleh gambar (impor) dan/atau teks. Mari kita lihat contohnya oleh perintah pada baris 13. Perhatikan teknis penulisannya, itu berarti kita menetapkan node itu dengan ``berjalan'' dari pusat koorodinat $1\,\textrm{cm}$ ke kanan kemudian $2.5\,\textrm{cm}$ ke bawah. Nah, sekarang pada node itu kita cetak (letakkan) teks matematis $A$.Berikutnya perhatikan baris 14. Cara lain untuk menetapkan node adalah dengan menggunakan koordinat Kartesius semacam itu. Seperti perintah pada baris 13, kita mengisi node itu oleh teks P dan diwarnai biru.Perlu diketahui pula bahwa paket TikZ telah menyertakan paket graphicx, sehingga kita dapat menggunakan perintah \includegraphics. Perhatikan baris 15. Dengan menetapkan node dalam bentuk koordinat Kartesius, kita mengisi node itu oleh suatu gambar yang kita impor dari luar (bernama logo.png). Silakan Anda buka lagi Tutorial No. 8 tentang teknis pengimporan gambar.

Kepustakaan TikZ (TikZ Library)

Kepustakaan TikZ itu berupa kumpulan perintah (makro) yang berfungsi untuk menambah kemampuan dasar dari paket TikZ. Sebagai contoh, oleh perintah node dengan mengacu pada suatu node yang telah ditetapkan sebelumnya, kita dapat menempatkan node baru dengan opsi tertentu. Misalnya, di atasnya, di atas-kanannya, di atas-kirinya, di bawahnya, di bawah-kanannya, di bawah-kirinya, dll. Hal itu dapat dilakukan berkat kepustakaan positioning. Perhatikan contoh berikut ini.
Perhatikan teknis penulisan kodenya lalu lihat hasil kompilasinya. Anda memahaminya, bukan?

Penutup

Saya berharap Anda sudah mulai tergoda.😁 Silakan Anda mempraktikkan beberapa pilihan untuk menggunakan perintah node tersebut. Boleh juga Anda mengimpor foto diri untuk menempati node itu.😁
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...