Monday, October 9, 2017

Tutorial No. 20: Bekerja dengan Rumus-Spasi dalam Modus Rumus

Penulis telah mengulas spasi yang berlaku pada teks dan naskah secara umum pada Tutorial No. 6. Kali ini akan diulas spasi yang berlaku di dalam modus rumus.
Mari  kita lihat kembali teknis penulisan untuk menunjukkan  cara eliminasi yang ditelah Anda lihat pada Tutorial No. 17 berikut ini.  Apa maksud dari perintah \! itu?
\[
    \frac
    {
        \!\begin{aligned} 
                8x+12y &= 20\\ 
                3x-12y &= -9 
        \end{aligned}
    }
    {\!\begin{aligned}
   11x &= 11\\
   x &= 1
    \end{aligned}
    }
    \ +
\]
Secara bawaan (default) $\small\LaTeX$ mencetak miring rumus matematis dan ``tak berjarak''. Perhatikan contoh berikut ini.
Hasilnya sama, bukan?
$\small\LaTeX$ sudah mengatur spasi terbaiknya, tetapi bila diperlukan kita pun dapat mengatur spasi itu. Sekarang perhatikan dan bandingkan hasil dari perintah \, dan \! untuk spasi.
Perintah \, memberikan ``spasi tipis'' (ke nanan) sedangkan perintah \! adalah lawannya, yaitu ``spasi tipis negatif'', yang memberikan spasi ke kiri (merapatkan).
Tabel 18 berikut ini menunjukkan beberapa perintah untuk mengatur spasi dalam modus rumus. 
Selain itu, perintah spasi mendatar yang umum, yaitu \hspace, juga berlaku pada modus rumus.
Sekarang mari kita lihat ``spasi tipis'' yang sering penulis gunakan dalam penulisan integral.

Penutup

Dengan demikian tuntas sudah penulis ulas segala hal teknis penulisan teks biasa, juga termasuk pembuatan tabel, maupun teks matematis (untuk mengetahui lebih jauh tentang teknis penulisan naskah matematis, silakan Anda pelajari More Math Into $\small\mathbf{\LaTeX}$ Edisi Ke-4 karya dari Geoge Grätzer). Namun demikian itu belum cukup untuk memenuhi keperluan dalam penulisan naskah matematis. Bagaimana bila kita ingin membuat gambar atau grafik di dalam naskah itu? (Akan tampak berbeda kualitasnya bila kita memuat gambar/grafik dengan mengimpornya dari ``luar''. Hasil pengimporan itu akan tercetak ``buram''.) Nah, hal itulah yang akan penulis ulas dalam tutorial-tutorial berikutnya. 
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...