Sunday, October 8, 2017

Tutorial No. 19: Bekerja dengan Rumus-Lingkup Perintah dalam Modus Rumus

Lingkup Perintah Dasar

Lebih dulu penulis ulas lingkup perintah (environment) yang secara asal (default) telah disediakan oleh $\small\LaTeX$. Kalau dalam bentuk perintah, bentuk sebaris kita tuliskan di antara dua tanda dolar  
$...$
maka dalam bentuk lingkup perintah $\small\LaTeX$ menyediakan lingkup perintah math.
\begin{math}
...
\end{math}
Kalau dalam bentuk perintah, bentuk tayang kita tuliskan dengan
\[...\]
maka dalam bentuk lingkup perintah $\small\LaTeX$ menyediakan lingkup perintah displaymath dan equation.
Perhatikan contoh di atas ini. $\small\LaTeX$ telah memberikan kerenggangan yang memadai untuk setiap lingkup perintah dengan teks di atas dan di bawahnya. $\small\LaTeX$ memberikan penomoran secara berurutan untuk setiap lingkup perintah equation yang kita tuliskan. $\small\LaTeX$ tidak menomori pada lingkup perintah displaymath. Lingkup perintah displaymath dan equation masing-masing mencetak rumus pada tengah halaman pada baris itu dan mencetak hanya satu baris rumus saja.


Lingkup Perintah Align

Ada hal di mana kita ingin menuliskan serangkaian rumus atau algoritme pada penyelesaian suatu soal dalam beberapa baris. Keperluan untuk hal itu tidak tersedia secara bawaan di dalam $\small\LaTeX$. Salah satu pilihan untuk hal itu adalah dengan menggunakan lingkup perintah align dari paket amsmath
$\small\LaTeX$ menomori rumus untuk lingkup lingkup perintah align tetapi tidak demikian untuk lingkup perintah align bertanda bintang (align*). Lingkup perintah align dan align* masing-masing mencetak rumus pada tengah halaman pada baris itu. Pemisahan ruas pada persamaan itu ditandai oleh ampersand (&).

Lingkup Perintah Gather

Mirip dengan lingkup perintah align dan align* tetapi, pada lingkup perintah gather dan gather*, pemisahan ruas bukan oleh tanda ampersand (&) melainkan langsung oleh tanda kesamaan atau ketidaksamaan.


Lingkup Perintah Aligned

Bagian sebagian pengguna $\small\LaTeX$, termasuk penulis, kadang menganggap bahwa kerenggangan yang diberikan oleh lingkup-lingkup perintah di atas terlalu "berlebihan". Selain itu juga kadang ingin rangkaian rumus itu tercetak rata-kiri, bukan rata-tengah seperti di atas itu. Keinginan itu dapat terpenuhi berkat ketersediaan lingkup perintah aligned dari paket amsmath
Lingkup perintah aligned bersifat sebaris dengan teks, sehingga dapat kita tuliskan di antara dua tanda dolar (boleh juga dalam bentuk tayang). $\small\LaTeX$ tidak memberikan penomoran pada lingkup perintah aligned, sehingga tidak ada lingkup perintah alingned*. Kemudian seperti pada lingkup perintah align dan align*lingkup perintah alingned* juga menggunakan tanda ampersand (&) untuk memisahkan kedua ruas persamaan atau pertidaksamaan. 
Tentu saja, dalam bentuk sebaris, kita harus mematuhi pengaturan baris sebagaimana telah diulas pada Tutorial No. 6. Perhatikan contoh berikut ini.


Penutup


Nah, sekarang Anda telah melihat berbagai pilihan lingkup perintah yang dapat gunakan di dalam penulisan naskah matematis. Anda dapat mencobanya satu persatu kemudian memastikan pilihan yang sesuai dengan keperluannya atau sesuai dengan yang Anda inginkan. Ini merupakan ulasan terakhir tentang lingkup perintah yang pokok di dalam modus rumus.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...