Saturday, October 7, 2017

Tutorial No. 18: Bekerja dengan Rumus-Geometri, Trigonometri, dan Kalkulus

Geometri dan Trigonometri

Dalam bekerja dengan rumus, kali ini penulis akan mengulas hal menuliskan lambang-lambang atau rumus yang sering kita gunakan di dalam penulisan naskah matematis. Dapat Anda lihat pada tabel-tabel terlampir pada gambar di bawah ini, penulisan demikian sering kita lakukan, bukan?
Tidak semua penulisan lambang-lambang atau rumus itu terdukung oleh $\small\LaTeX$ secara bawaan. Di antaranya harus didukung oleh paket amssymb, yaitu untuk penulisan lambang besar sudut oleh perintah \measuredangle, dan harus didukung oleh paket fourier atau foruriernc, yaitu untuk penulisan lambang busur oleh  perintah \widearc. Oleh karena itu paket-paket tersebut harus kita sertakan di dalam mukadimah.
Perlu juga penulis jelaskan bahwa lambang untuk menyatakan kesejajaran garis oleh $\small\LaTeX$ secara bawaan berbentuk dua garis tegak seperti ini ||. Lazimnya kita menuliskannya secara miring seperti tampak pada tabel tersebut. Untuk membuatnya demikian lebih dulu kita harus menetapkan suatu perintah baru dengan dukungan dari paket xparse sebagai berikut,
\usepackage{xparse}
\newcommand{\sejajar}{\mathbin{/\mkern-1mu/}}
dan kita cantumkan itu pada mukadimah.
Perhatikan contoh-contoh cara penulisan lambang atau rumus beserta hasilnya berikut ini.


Kalkulus

Pada kalkulus akan penulis ulas tentang teknis penulisan lambang atau rumus untuk limit fungsi, turunan fungsi, dan integral fungsi.


Limit Fungsi

Silakan Anda perhatikan contoh di bawah ini, bahwa cara penulisan dalam bentuk sebaris dan bentuk tayang, untuk limit fungsi, memberikan hasil yang berbeda.


Turunan Fungsi


Untuk menyatakan turunan fungsi dalam cara Lagrange, kita gunakan petik tunggal dari tombol di kiri tombol Enter. Satu kali tanda petik tunggal untuk menyatakan turunan pertama, dua kali tanda petik tunggal untuk menyatakan turunan kedua, dan seterusnya. Perhatikan cara penulisan lambang atau rumus beserta hasilnya berikut ini.
Dalam cara Leibniz, yang perlu diperhatikan adalah huruf /dé/ yang harus kita cetak dalam modus teks, bukan dalam modus rumus. Untuk itu kita gunakan perintah \textrm atau \mathrmPerhatikan cara penulisan lambang atau rumus beserta hasilnya berikut ini.


Integral Fungsi


Perhatikan cara penulisan lambang integral tak tentu beserta hasilnya berikut ini.
Anda dapat membedakan keduanya, buka? Ya, keduanya dituliskan dalam bentuk sebaris tetapi yang kanan dibuat bentuk tayang oleh \displaystyle.Sekarang coba perhatikan contoh terbawah pada bagian kanan. Apakah tanda integral itu kurang "tinggi"? Bagaimana kalau kita buat tinggi? Untuk hal itu, salah satu pilihan, kita gunakan paket bigints. Perhatikan contoh penggunaannya berikut ini dan bandingkan.
Tentu saja penggunaannya bergantung pada "ketinggian" dari fungsi integran-nya.
Sekarang mari kita lihat cara penulisan integral tentu berikut ini.


Penutup


Bagaimana, apakah Anda sudah dapat menuliskan penyelesaian dari suatu soal tentang limit, turunan, atau integral fungsi dengan menggunakan lingkup perintah align* dan lambang-lambang atau rumus dari tulisan ini? 
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...