Saturday, October 7, 2017

Tutorial No. 17: Bekerja dengan Rumus-Sistem Persamaan dan Matriks

Masih tentang dasar-dasar dalam penulisan rumus, kali ini penulis akan mengulas tentang teknis penulisan dalam sistem persamaan dan matriks. 
Lebih dulu penulis ingin menegaskan, bahwa ketika penulis menyebutkan ``dengan menggunakan paket anu'' maka Anda harus mencantumkan
\usepackage{anu}
pada mukadimah. 
Untuk diingat kembali bahwa paket itu berfungsi untuk menambah/melengkapi kemampuan dasar $\small\LaTeX$. Karena Matematika itu banyak menggunakan lambang dan rumus maka untuk hal tertentu kadang kita memerlukan suatu paket agar dapat mencetak lambang atau rumus tersebut.


Sistem Persamaan

Sudah lazim kita ketahui bahwa untuk menyatakan suatu sistem persamaan biasa ditunjukkan suatu kurung kurawal di sampingnya. 
Bagaimana melakukan itu?
Memang ada beberapa alternatif untuk menuliskannya, tetapi (menurut penulis) ada dua pilihan yang paling mudah, yaitu dengan menggunakan paket amsmath atau paket systeme. Dari paket amsmath kita gunakan lingkup perintah cases (secara sebaris atau tayang) dan dari paket systeme kita gunakan perintah \systeme (juga secara sebaris atau tayang). Perhatikan contoh berikut ini.
Dua pilihan berbeda dengan hasil yang sama, bukan? Tentu, Anda cukup memilih salah satunya.Berikutnya, seperti kita ketahui, salah satu cara yang sering kita lakukan pada tahap awal penyelesaian dari suatu sistem persamaan linear adalah penghapusan (eliminasi). Berikut ini trik yang biasa penulis gunakan untuk menunjukkan cara eliminasi. Bukan yang terbaik tetapi mungkin dapat Anda gunakan juga.
Tampak bahwa, pada dasarnya, kita membuat suatu pecahan di dalam bentuk tayang kemudian pada masing-masing pembilang dan penyebutnya diisi oleh lingkup perintah aligned. Kok ada aligned, apa itu? Itu salah satu lingkup perintah di dalam modus rumus (akan diulas kemudian).

Matriks

Kita dapat mencetak matriks baik dalam kurung biasa maupun dalam kurung siku. Untuk kurung biasa kita gunakan lingkup perintah pmatrix dan untuk kurung siku kita gunakan lingkup perintah bmatrix. Untuk masing-masing dari keduanya kita memerlukan dukungan dari paket amsmath. Perhatikan contoh berikut ini.
Lalu bagaimana cara menuliskan lambang determinannya?
Pada nama matriks kita gunakan tombol di atas Enter, yaitu |, atau perintah \mid. Sedangkan untuk determinan yang memuat unsur-unsurnya kita gunakan hal yang sama tetapi dengan memperbesar lambangnya oleh \big atau \Big\ atau \bigg atau \Bigg di kiri-kanannya sesuai dengan keserasiannya. Perhatikan contoh berikut ini.
Nah, mudah, bukan?


Penutup

Baiklah, semoga hingga di sini Anda semakin lancar dalam membuat dokumen $\small\LaTeX$ yang memuat sistem persamaan dan matriks. 
Bagaimana cara menuliskan lambang-lambang atau rumus pada geometri, trigonometri, dan kalkulus?
Penulis akan mengulasnya pada tutorial setelah ini.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...