Friday, October 6, 2017

Tutorial No. 16: Bekerja dengan Rumus-Beberapa Dasar dalam Penulisan Rumus

Meskipun secara bawaan $\small\LaTeX$ telah menyediakan unsur-unsur dasar untuk keperluan penulisan rumus tetapi beberapa di antaranya belum tersedia. Oleh karena itu, setidaknya ada dua paket yang paling sering penulis sertakan ketika penulis bekerja dalam penulisan naskah matematis, yaitu amsmath dan amssymb
Karena hampir selalu menggunakan rumus yang disediakan oleh kedua paket itu (terutama amsmath, misalnya lingkup perintah align), maka penulis selalu mencantumkan kedua paket itu pada mukadimah. Satu paket lainnya yang juga penting adalah mathtools.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang pemanfaatan dari paket-paket tersebut, silakan Anda pelajari dokumentasi dari tiap paket tersebut dengan mengunduhnya dari alamat tertaut itu.
Pada tulisan kali ini akan kita pelajari hal-hal dasar dalam penulisan rumus. Hanya beberapa hal pokok saja, selebihnya dapat Anda pelajari dari sini atau yang lebih banyak lagi dari situ. Beberapa rumus selalu atau sering kita tuliskan pada suatu naskah matematis. Kita akan mengupasnya dalam tulisan ini.

Beberapa Operasi dan Lambang

Perhatikan teknis penulisan dan hasilnya pada contoh berikut ini. Bukankah kita sering menuliskannya?
Beberapa kodenya masih tampak "asing"? Tak apa, pada awalnya memang Anda harus menghafalnya tetapi setelah sering digunakan maka akan hafal dengan sendirinya.


Tanda Kurung

Kita mengenali tiga macam tanda kurung, yaitu kurung biasa, kurung siku, dan kurung kurawal. Di dalam penulisan naskah matematis, penggunaaan sepasang tanda kurung itu pada umumnya ingin kita sesuaikan dengan unsur yang dicakupnya. Kabar baiknya, di dalam dokumen $\small\LaTeX$ hal itu dapat dilakukan dengan ``lebih mudah''.
Perhatikan teknis penulisan dan hasilnya pada contoh berikut ini. 

Bentuk Pangkat

Mungkin tampak sedehana, tetapi perlu diingat bahwa ketika nilai pangkat lebih dari satu karakter maka nilai pangkat itu harus dikelompokkan (dicakup) di dalam sepasang kurung kurawal. Perhatikan teknis penulisan dan hasilnya pada contoh berikut ini. 


Bentuk Akar

Begitu pula dengan bentuk akar, meskipun tampak sederhana, perhatikan perbedaan hasilnya oleh tanpa penggunaan perintah \displaystyle dan dengan penggunaan perintah \displaystyle pada rumus pertama dan kedua dari kiri berikut ini. 
Tampak bahwa, pada rumus kedua (tengah), wilayah tanda akar tempat radikan agak lebih lapang daripada pada rumus pertama.


Logaritma

Pada lambang logaritma dengan bilangan pokok bukan $10$, ada hal "kecil" yang perlu mendapat perhatian, yaitu kerenggangan antara bilangan pokok dan huruf /él/ pada lambang ``log''. Untuk mengatasi hal itu, penulis mengikuti saran dari salah seorang pakar dengan menggunakan paket dan makro berikut ini, yang dicantumkan pada mukadimah.
\usepackage{xparse}
\NewDocumentCommand{\Log}{o}{%
  \IfNoValueTF{#1}{}{{}^{#1}\!}\log}%
Perhatikan teknis penulisan dan hasilnya pada contoh berikut ini. 
Gambar di atas ini sengaja penulis perbesar. Perhatikan dan bandingkan contoh paling kanan dengan contoh yang tengah. Tampak bahwa bilangan pokok pada contoh paling kanan itu lebih merapat ke huruf /él/, bukan?

Penutup

Demikianlah beberapa contoh dasar dalam penulisan rumus. Masih ada beberapa lagi yang lainnya dan akan penulis ulas pada tulisan berikutnya. Hingga di sini penulis berharap Anda sudah dapat menulis dokumen yang menyertakan penulisan rumus-rumus seperti telah diulas pada Tutorial No. 15 dan Tutorial No. 16 ini secara tepat dan lebih efektif.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...