Wednesday, October 4, 2017

Tutorial No. 13: Bekerja dengan Teks - Perataan Paragraf

Tak terasa, kita sudah sampai pada tutorial ke-13. Materi Bekerja dengan Teks menyisakan sekitar dua tulisan lagi. Pada satu tulisan kadang ingin dimuat beberapa hal, tetapi kadang dipertimbangkan juga agar perhatian terpusat secara khusus pada satu hal saja. Tulisan kali ini akan mengupas tentang cara meratakan suatu paragraf.

Perataan Paragraf

Hal ini sudah biasa kita lakukan, (mungkin) hanya istilahnya saja yang perlu dipertegas. 
Pada keadaan tertentu kita biasa memépétkan teks di kiri atau di kanan margin atau mengumpulkannya di tengah halaman. Hal demikian itu yang dimaksud perataan (justification) paragraf. Ada 4 pilihan untuk meratakan paragraf, yaitu rata-tengah, rata-kiri, rata-kanan, dan rata-kiri-kanan. Di dalam dokumen $\small\LaTeX$ kita dapat meratakan paragraf dengan menggunakan perintah/deklarasi atau dengan menggunakan lingkup perintah: center, centering, quote, flushleft, flushright, raggedleft, raggedright.

Center, Centering, dan Quote

Perhatikan pengkodean berikut ini.
\centering
<teks>

\begin{center}
<teks>
\end{center}

\begin{quote}
<teks>
\end{quote}
Tampak bahwa centering itu berupa perintah sedang center dan quote masing-masing berupa lingkup perintah.
Perlu diingat bahwa perintah centering bersifat global, yaitu akan memperlakukan paragraf-paragraf sesudahnya sebagai rata-tengah. Perhatikan contoh penggunaannya berikut ini.
Oleh lingkup perintah center, paragraf dicetak menjadi rata-tengah. Demikian pula oleh perintah \centering, tetapi akibatnya bersifat global. Perhatikan baris 15 dan akibatnya terhadap paragraf terakhir. 
Oleh lingkup perintah quote, suatu kutipan (quote) dicetak rata-kiri-kanan tetapi paragrafnya menjorok ke dalam baik dari arah kiri maupun dari arah kanan.


Flushleft dan Flushright

Flushleft dan flushright dapat diberikan dalam bentuk perintah maupun lingkup perintah. Oleh flushleft, paragraf dicetak menjadi rata-kiri, demikian sebaliknya oleh flushright. Perhatikan contoh penggunaannya berikut ini.
Ketika penulis mencari terjemahan dari flush, ternyata ditemukan "siram" atau "menyiram". Kalau begitu, flushleft berarti "siram ke kiri".😃


Raggedleft dan Raggedright

Sama halnya dengan flushleft dan flushrightraggedleft dan raggedright dapat diberikan dalam bentuk perintah maupun lingkup perintah, tetapi dalam fungsi yang berlawanan. Oleh raggedleftparagraf dicetak menjadi rata-kanan, demikian sebaliknya oleh raggedright. Perhatikan contoh penggunaannya berikut ini. 
Ketika penulis mencari terjemahan dari ragged, ternyata ditemukan "compang-camping". Kalau begitu, raggedleft berarti "compang-camping di kanan".😃

Penutup

Sekarang Anda sudah memiliki siasat terhadap suatu paragraf di dalam dokumen Anda, sesuai dengan keperluannya, apakah ingin dibuat rata-kiri, rata-kanan, rata-kiri-kanan, atau rata-tengah. Bagaimana, mudah, bukan?
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...