Tuesday, October 3, 2017

Tutorial No. 12: Bekerja dengan Teks - Pengubahan Ukuran Huruf

Pengubahan Ukuran Huruf

Tentang pemilihan jenis huruf dan penggunaannya baik secara lokal maupun global telah penulis ulas dalam Tutorial No. 4. Sekarang mungkin telah lama Anda bertanya-tanya, bagaimana cara kita mengatur ukuran huruf untuk teks, paragraf, atau naskah secara keseluruhan?
Dalam $\small\LaTeX$, ukuran huruf cetak diukur dalam (pencetak) titik (points/pt). Asal huruf cetak yang $\small\TeX$ hasilkan adalah $10\,\textrm{pt}$. Kita dapat mengubah ukuran huruf dengan mengacu kepada ukuran asalnya tersebut, memperbesarnya atau memperkecilnya. Ada $10$ deklarasi yang disediakan dalam $\small\LaTeX$ untuk mengubah ukuran huruf cetak, sebgaimana tertera dalam tabel berikut ini. 

\tiny \large
\scriptsize \Large
\footnotesize \LARGE
\small \huge
\normalsize \Huge

Perhatikan contoh penggunaannya berikut ini.

Perhatikan bahwa kesepuluh ukuran huruf tersebut mengacu kepada ukuran dasar huruf $10\,\textrm{pt}$ pada kelas dokumen article. Bagaimana kalau ukuran dasarnya bukan $10\,\textrm{pt}$? Nah, di situlah masalahnya. Tentu besar huruf sebagai hasil dari kesepuluh perintah itu juga akan tampak berbeda dengan hasil di atas.
Berikut ini perbandingan ukuran huruf (dalam pt) untuk hasil dari kesepuluh perintah itu dengan mengacu kepada ukuran dasar huruf $10\,\textrm{pt}$, $11\,\textrm{pt}$, dan $12\,\textrm{pt}$ pada suatu kelas dokumen.
Perintah            10pt    11pt    12pt
\tiny               5       6       6
\scriptsize         7       8       8
\footnotesize       8       9       10
\small              9       10      10.95
\normalsize         10      10.95   12
\large              12      12      14.4
\Large              14.4    14.4    17.28
\LARGE              17.28   17.28   20.74
\huge               20.74   20.74   24.88
\Huge               24.88   24.88   24.88
Lalu, berapa saja ukuran dasar huruf pada kelas dokumen?
Seperti telah disebutkan di atas, ukuran dasar huruf pada dokumen $\small\LaTeX$ adalah $10\,\textrm{pt}$. Itu berlaku pada empat kelas dokumen utama, yaitu article, report, book, dan letter sedangkan ukuran dasar huruf lainnya yang tersedia adalah $11\,\textrm{pt}$ dan $12\,\textrm{pt}$. Khusus untuk kelas dokumen utama yang kelima, yaitu (kelas dokumen presentasi) beamer, memberikan ukuran dasar huruf $11\,\textrm{pt}$ dan menyediakan beragam ukuran dasar huruf lainnya, $8\,\textrm{pt}$, $9\,\textrm{pt}$, $10\,\textrm{pt}$, $12\,\textrm{pt}$, $14\,\textrm{pt}$, $17\,\textrm{pt}$, dan $20\,\textrm{pt}$.
Di dalam suatu dokumen baku (``resmi''), para ahli menyarankan agar kita menggunakan kesepuluh ukuran huruf itu, agar terjadi keselarasan di dalam teks/naskah yang kita susun. Keselarasan itu (secara tipografis) mengacu kepada ``batas dasar'' (baseline) dari huruf-huruf yang tersusun. 
Meskipun demikian kita juga memiliki pilihan untuk menetapkan ukuran huruf itu berdasarkan satuan pt, baik secara lokal maupun global. Untuk hal itu kita nyatakan perintah
\fontsize{...}{...}\selectfont
misalnya 
\fontsize{20}{20}\selectfont
Nilai pertama menyatakan ukuran huruf yang kita tetapkan, yaitu $20\,\textrm{pt}$ sedangkan yang kedua menyatakan ``lompatan dari batas dasar huruf'' (baseline skip) dalam sistem tipografi. (Penulis mengabaikan nilai yang kedua itu, karena secara awam tak kentara bedanya. Biasanya penulis menuliskan nilai yang sama pada keduanya.) Perintah \selectfont menerapkan ukuran huruf yang kita tetapkan itu.
Sekarang mari kita lihat contoh berikut ini.

Penutup

Nah, hingga di sini penulis berharap Anda sudah dapat mengatur ukuran huruf pada dokumen Anda sesuai dengan ukuran yang diminta oleh pihak lain maupun ukuran yang Anda inginkan sendiri.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...