Tuesday, October 3, 2017

Tutorial No. 11: Bekerja dengan Teks - 10 Karakter Terlarang dan Pengubahan Corak Huruf

Sepuluh Karakter Terlarang

Di dalam dokumen $\small\LaTeX$ ada 10 karakter yang memiliki perlakuan khusus dalam menuliskannya agar "tampak" alias tercetak.
Kok terlarang?
Ya, maksudnya terlarang diketikkan secara langsung ketika kita ingin menampilkannya atau mencetaknya. Misalnya, untuk menunjukkan kurung kurawal { maka kita tidak mengetikkannya begitu saja melainkan harus diketikkan \{. Kesepuluh karakter tersebut dapat Anda perhatikan pada tabel berikut ini.

Karakter Penulisan
\ \textbackslah
{ \{
} \}
$ \$
& \&
^ \textasciicircum
_ \textunderscore
~ \textasciitilde
% \%

Sekarang mari kita lihat contoh penggunaannya berikut ini.

Di luar itu, penulis ingin menyisipkan ulasan tentang tanda persen. Di dalam dokumen $\small\LaTeX$, selain untuk keperluan pencetakkan, tanda persen (%) juga dapat berfungsi sebagai awal dari suatu komentar atau ``catatan keterangan''.
Begini, kadang-kadang entah untuk menandai bagian dari naskah (sebagai pembatas, misalnya) atau mungkin kode tertentu (agar dapat diingat), kita ingin menuliskan sesuatu untuk sekadar menandainya. Tentu, kita tak ingin ``catatan'' itu turut tercetak bersama naskah itu. Nah, di situlah fungsi tanda persen. Setelah tanda persen diketikkan maka apa pun teks sesudahnya tidak akan ikut tercetak kecuali setelah kita kosongkan satu baris sesudahnya.
Perhatikan contoh berikut ini.


Pengubahan Corak Huruf

Dalam $\small\LaTeX$, corak (style) huruf cetak merupakan kombinasi dari tiga ciri (karakteristik): famili, seri, dan bentuk. Secara asal (default) $\small\LaTeX$ memberikan bentuk huruf cetak dengan famili roman, seri medium, dan bentuk tegak (upright). Dengan demikian acuan pengubahan corak huruf untuk teks mengacu kepada corak asalnya itu. Misalnya, oleh perintah \textit{...} maka akan menghasilkan teks dengan famili roman, seri medium, bentuk huruf cetak ``miring'' (italic) untuk teks yang dicakupnya. Deklarasi \slshape setelah \begin{document} menghasilkan teks berbentuk ``condong'' (slanted) untuk keseluruhan naskah di dalam badan dokumen. 
Apakah miring dan condong itu berbeda?😀 
Penulis yang membedakannya dalam menerjemahkan italic dan slanted. Untuk rinciannya tentu dapat ditelusuri secara etimologis.
Berikut ini perintah dan deklarasi untuk mengubah bentuk huruf cetak dalam $\small\LaTeX$. 

CORAK PERINTAH DEKLARASI
BENTUK
upright \textup{...} {\upshape ...}
italic \textit{...} {\itshape ...}
slanted \textsl{...} {\slshape ...}
small cap \textsc{...} {\scshape ...}
SERI
medium \textmd{...} {\mdseries ...}
boldface \textbf{...} {\bfseries ...}
FAMILI
roman \textrm{...} {\rmfamily ...}
sans serif \textsf{...} {\sffamily ...}
typewriter \texttt{...} {\ttfamily ...}

Bila Anda perhatikan, tampak bahwa deklarasi diberikan di dalam sepasang kurung kurawal. Apa artinya?

Seperti telah diungkapkan pada Tutorial No. 9, sepasang kurung kurawal mengelompokkan bagian dari dokumen (teks) ke dalam satu kesatuan, dalam hal ini untuk diperlakukan oleh suatu deklarasi (atau perintah). Dengan demikian deklarasi tersebut hanya berlaku untuk teks yang berada di dalam sepasang kurung kurawal itu. Bagaimana yang terjadi bila deklarasi itu dituliskan secara "terbuka" (tanpa dicakup oleh kurung kurawal)? Akibatnya, perlakuan oleh deklarasi itu akan mengenai seluruh teks sesudahnya. Perhatikan contoh berikut ini.
Sekarang bagaimana, misalnya, cara mencetak teks berbentuk miring sekaligus tebal? Dapatkah Anda mencetak huruf tapak mesin tik (typewriter) yang berbentuk small cap dan tebal? Perhatikan contoh berikut ini.


Penutup


Menarik, bukan? Hingga di sini penulis berharap Anda sudah dapat menerapkan semua hal terkait dalam penyusunan dokumen $\small\LaTeX$, yaitu dengan menggunakan unsur-unsur yang telah dibahas dalam Tutorial No. 1 s.d. Tutorial No. 11. Dengan tutorial ini Anda pun sudah dapat mengkombinasikan corak-corak teks yang Anda susun. Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...