Monday, October 2, 2017

Tutorial No. 10: Bekerja dengan Teks - Modus dan Environment (Bagian 2)

  1. Itemize
  2. Lingkup perintah itemize digunakan untuk mengurutkan butir (item) dalam bentuk ``penandaan''. Secara asal (default), $\small\LaTeX$ menandainya dengan bulatan (noktah) sebagai berikut.
    Penandaan tersebut tentu dapat kita ubah sesuai dengan selera. Kita dapat menggunakan paket tertentu yang menyediakan lambang-lambang yang sesuai untuk penandaan butir di dalam itemize. Salah satunya adalah paket pifont. Dalam penggunaaannya kita harus pula mendapat dukungan dari paket enumitem dengan opsi shortlabels. Perhatikan contoh penggunaannya berikut ini.
    Tentu banyak lambang yang dapat kita pilih dari paket pifont untuk digunakan. Untuk mempelajari lebih jauh tentang penggunaan ``lambang-lambang'' tersebut, silakan unduh dan pelajari dokumentasinya.
  1. Minipage
  2. Apa itu minipage? Seperti juga dapat Anda baca di siniminipage adalah suatu lingkup perintah yang menyediakan ``kotak'' paragraf yang merupakan versi mini dari suatu halaman seutuhnya. Secara tersendiri minipage dapat berisi catatan kaki, paragraf, array, tabular, dan lingkup perintah lainnya. Meskipun demikian, minipage tidak dapat memuat perintah float atau ``paragraf di samping halaman'' (marginpar), tetapi (sebaliknya) dapat dimuat di dalam lingkup perintah figure atau table
    Bentuk umum dari suatu perintah minipage tampak sebagai berikut. 
    \begin{minipage}[<pos>][<height>][<inner-pos>]{<width>} 
    <teks>
    \end{minipage}
    dengan
  • <pos> mengatur dalam arah vertikal antara kotak dan alas teks (nilai yang berlaku: c, t, atau b).
  • <height> menetapkan ketinggian kotak.
  • <width> menetapkan lebar kotak.
  • <inner-pos> menetapkan kedudukan teks di dalam ``kotak''.
    Keempat parameter khusus \width, \height, \depth, dan \totalheight (=\height+\depth) menetapkan ukuran alami teks. Minipage sangat membantu ketika kita memerlukan suatu paragraf teks pada ``ruang'' yang ``melarangnya'' dituliskan secara langsung, misalnya pada sel dalam tabel atau pada node dalam gambar tikz. Selain itu, minipage juga sangat membantu ketika kita ingin menampilkan teks dan gambar saling berdampingan, atau ketika kita ingin menampilkan jawaban dari suatu soal Matematika secara bersebelahan (dua ``kolom''). Perhatikan contoh berikut ini.

    yang dihasilkan oleh



    Perhatikan bahwa suatu minipage dapat dimuat hanya pada satu halaman dan pada dasarnya merupakan penempatan satu baris pada halaman itu. Oleh karena itu (selain dengan menggunakan satuan ukuran panjang) ukuran lebar minipage dapat mengacu kepada lebar teks (text width) pada satu baris.
    $\small\LaTeX$ menghitung lebar satu baris sebagai $1$ satuan. Ketika kita menyandingkan dua minipage dalam satu baris maka kita gunakan (idealnya) hanya $0.9$ hingga $.95$ dari lebar teks. Sebagai contoh, dapat Anda lihat pada pengkodean untuk contoh dokumen di atas, kedua minipage itu diatur dalam lebar yang sama masing-masing 0.475\textwidth. Pembagian lebar untuk masing-masing dari kedua minipage tersebut dapat Anda atur sesuai dengan isi naskah yang dimuatnya.
    Lalu, kok ada align*? Apa itu? Itu merupakan salah satu lingkup perintah dalam modus matematis. Penulis akan membahasnya pada tutorial selanjutnya.


Penutup

Demikianlah lingkup-lingkup perintah yang paling pokok yang sering digunakan di dalam modus teks/paragraf di dalam penyusunan dokumen $\small\LaTeX$. Tentu tidak terlalu rinci, sebagiannya (mungkin) menyisakan pertanyaan dari Anda. Bila ada yang ingin disampaikan, Anda dapat menuliskannya pada kotak komentar di bawah ini. Hingga di sini penulis berharap Anda sudah dapat membuat contoh dokumen yang menyertakan penggunaan lingkup perintah itemize dan minipage
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...