Tuesday, September 26, 2017

Tutorial No.5: Bekerja dengan Teks - Halaman Judul dan Indentasi

Halaman Judul dan Indentasi

Kali ini akan penulis ulas dua hal yang berkaitan dengan contoh dokumen terakhir pada Tutorial No. 4, yaitu halaman judul (title page) dan indentasi.

Halaman Judul

Secara bawaan (default) $\small\LaTeX$ menyediakan tiga unsur untuk dicetak pada halaman judul, yaitu judul (title), nama penulis (author), dan penanggalan (date). Perintah untuk ketiganya dinyatakan sebagai berikut,
\title{...}
\author{...}
\date{...}
yang secara berturut diisi oleh judul tulisan/dokumen, nama penulis, dan penanggalan. Khusus untuk penanggalan, ada dua hal yang harus diperhatikan. Bila diinginkan penanggalan itu tercetak sesuai dengan saat pertama tulisan itu dibuat, misalnya pada 26 September 2017, maka isikan tangggal tersebut sebagai 
\date{26 September 2017}
maka $\small\LaTeX$ akan mencetak penanggalan itu sebagaimana tertulis itu kapan pun dokumen itu dikompilasi.
Kemudian bila diinginkan penanggalan itu tercetak sesuai dengan saat dokumen itu dikompilasi maka isikan tangggal tersebut sebagai 
\date{\today}
maka $\small\LaTeX$ akan mencetak penanggalan itu sesuai dengan tanggal pada hari itu ketika dokumen itu dikompilasi. Dengan demikian bila dokumen itu dikompilasi pada hari ini (26 September 2017) maka akan tercetak "26 September 2017" dan ketika dikompilasi lusa maka akan tercetak "28 September 2017", demikian seterusnya. 
Ketiga unsur untuk halaman judul itu dapat dituliskan pada mukadimah maupun pada badan dokumen. Untuk mencetak ketiganya, setelah itu, kita nyatakan
\maketitle
Perhatikan kedua contoh berikut ini.



Indentasi

Perhatikan kedua contoh di atas. Secara bawaan $\small\LaTeX$ selalu memberikan indentasi (teks menjorok ke dalam) seperti itu pada awal suatu paragraf. Bila diinginkan indentasi sejarak tertentu, misalnya $1.5\,\textrm{cm}$ untuk keseluruhan paragraf dalam dokumen itu, maka kita nyatakan pada mukadimah perintah berikut ini.
\parindent1.5cm

Bila diinginkan keseluruhan paragraf dalam dokumen itu tanpa indentasi maka pada mukadimah kita nyatakan perintah berikut ini.
\parindent0em

Bila diinginkan tanpa indentasi itu hanya untuk paragraf tertentu saja maka "secara lokal" kita nyatakan perintah
\noindent
atau
\setlength{\parindent}{0em}


Perhatikan bahwa $\textrm{em}$ itu merupakan satuan ukuran selebar huruf $\textrm{M}$. Kita dapat menyatakan ukuran itu dalam satuan lainnya, misalnya $\textrm{pt}$, $\textrm{mm}$, $\textrm{cm}$, atau lainnya. 

Penutup

Dengan demikian penulis berharap setelah ini Anda dapat membuat beberapa contoh dokumen dengan menerapkan penggunaan halaman judul dan indentasi. Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...