Saturday, September 30, 2017

Tutorial No. 8: Bekerja dengan Teks - Pengimporan Gambar

Seperti hal pembuatan tabel, pembuatan gambar pun penulis anggap sebagai bagian yang "rumit" (bahkan lebih "rumit") di dalam $\small\LaTeX$. Seperti kita tahu, hal menggambar merupakan salah satu "kelemahan" di antara kita.😊 Oleh karena itu pada ulasan kali ini kita hanya akan membahas tentang cara menyertakan suatu gambar yang berasal dari "luar" ke dalam suatu dokumen, bukan membuat gambar secara langsung di dalam dokumen tersebut.
Bentuk gambar dimaksud dapat berupa berkas *.jpg, *.png, atau *.pdf. Untuk menyertakan suatu gambar ke dalam suatu dokumen $\small\LaTeX$, kita memerlukan dukungan dari paket graphicx. Untuk menyertakannya ke dalam dokumen, kita nyatakan
\includegraphics[...]{...}
Pada opsi (dalam kurung siku) kita tetapkan ukuran gambar yang sesuai dan dalam kurung kurawal kita cantumkan nama berkas gambar yang kita cantumkan. Perhatikan contoh berikut ini.
Perhatikan bahwa berkas gambar yang kita sertakan harus berada pada map (folder) yang sama dengan berkas *.tex yang kita susun.
Ada beberapa cara untuk menetapkan ukuran gambar, misalnya dengan opsi scale = ... seperti pada contoh di atas, yang diisi oleh bilangan desimal ($<1$ untuk memperkecil dan $>1$ untuk memperbesar). Selain itu dapat pula ditetapkan oleh
width=..., height=...
yang dapat kita isi oleh suatu nilai bilangan dalam (misalnya) satuan $\textrm{cm}$. Dapat pula kita menetapkannya dengan mengacu kepada lebar teks pada satu baris, yaitu oleh
width=...\textwidth
yang diisi oleh suatu nilai bilangan $<1$.
Dalam hal tertentu, kita juga dapat memutar gambar tersebut dalam suatu nilai sudut tertentu. Pada opsi perintah tersebut kita cantumkan
angle=...
Sebaiknya, gambar kita letakkan di tengah baris pada halaman. Untuk hal itu, seperti hal pada tabel, kita dapat menggunakan salah satu dari dua pilihan lingkup perintah, yaitu float figure atau lingkup perintah lainnya (center, minipage, dll). Di dalam lingkup perintah tersebut sekaligus dapat kita sertakan keterangan untuk gambar tersebut. (Perhatikan kembali Tutorial No. 7).
Perhatikan contoh-contoh penggunaannya berikut ini.

Ada satu hal penting tentang gambar yang akan kita sertakan pada suatu dokumen. Pada keadaan tertentu, kita ingin agar latar dari gambar tersebut harus tembus pandang (transparan). Oleh karena itu, sebelumnya, kita harus membuatnya demikian. Secara luring kita dapat menggunakan (misalnya) vector magic. Secara daring kita dapat menggunakan (misalnya) situs ini.
Berikut ini cara membuat latar gambar transparan (secara daring) dengan menggunakan situs tersebut.
  1. Klik situs ini.
  2. Klik tombol "Pilih File" kemudian cari gambar Anda pada direktori komputer Anda. Klik "Open" untuk mengunggahnya.
  3. Setelah nama berkas gambar Anda tertera di kanan tombol "Pilih File", klik "Upload".
  4. Setelah gambar Anda muncul, klik tombol "Wizard" dan tombol "Transparency". Kemudian klik pada bagian gambar Anda yang ingin dibuat transparan.
  5. Setelah selesai, klik tombol "Save" kemudian klik tombol "Save Image Local".
  6. Buka direktori tempat unduhan gambar hasil dari langkah 5, namai ulang gambar tersebut sesuka Anda.

Penutup

Untuk sementara (sebelum Anda dapat membuat secara langsung gambar itu di dalam dokumen $\small\LaTeX$), gambar yang diperlukan dapat Anda buat (misalnya) di dalam GeoGebra atau lainnya, mencarinya dari Google, dll. Dengan demikian, hingga saat ini, penulis berharap Anda sudah dapat memuat suatu gambar ke dalam suatu dokumen $\small\LaTeX$.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...