Thursday, September 14, 2017

Tutorial No. 1: Mengenali LaTeX Secara Khusyu

Apa itu $\LaTeX$?

Apa yang Anda pikirkan tentang $\small\LaTeX$? Baru mengenalnya (sebagian) atau sudah menggunakannya? Tak apa, penulis pun mengenali sebagiannya saja tetapi sudah menggunakannya sejak tahun 2012.
Mengutip dari penemunya, Leslie B. Lamport (ilmuwan komputer dari Amerika), "$\small\LaTeX$ is a system for typesetting documents". Kata typesetting dapat berarti pembuatan, penyusunan atau pengetikan. Sedangkan documents berarti berkas (file) berisi teks yang dibuat oleh suatu perangkat lunak. Dengan demikian $\small\LaTeX$ itu sistem pengolah dokumen, bukan pengolah kata. Dokumen yang dihasilkan oleh $\small\LaTeX$ berupa Portable Document Format (PDF), dengan beragam jenis: artikel, laporan, buku, surat, presentasi (lima jenis dokumen yang utama), dan lain-lain.

Bagaimana $\small\LaTeX$ bekerja? 

$\small\LaTeX$ bekerja berkat "mesin" $\small\TeX$ yang ditemukan oleh Donald E. Knuth. $\small\TeX$ itu sistem pengetikan (berupa pemrograman) yang dirancang dengan dua tujuan utama, yaitu memungkinkan seseorang menghasilkan buku berkualitas tinggi dengan upaya minimal dan menyediakan sistem yang memberikan hasil yang sama persis pada setiap komputer, kapan pun. $\small\TeX$ dikenal sebagai salah satu sistem tipografi digital paling canggih dalam penyusunan rumus matematis yang rumit. Lamport menyatakan hubungan di antara keduanya sebagai, "$\small\LaTeX$ is your typographic designer, and $\small\TeX$ is its typesetter".
Secara praktis, $\small\LaTeX$ bekerja berdasarkan perintah yang diberikan kepadanya. Karakter backslash, yaitu \, memiliki arti penting di dalam $\small\LaTeX$, yaitu menandai awal dari suatu perintah (command). $\small\LaTeX$ juga sangat sensitif terhadap karakter yang kita tuliskan, misalnya untuk huruf besar dan huruf kecil dalam suatu perintah, dan ada $10$ karakter yang dituliskan dengan perintah khusus, yaitu \, {, }, $, &, #, ^, _, ~, dan %.

Apakah Harus Memasang Perangkat Lunak?

Ada dua pilihan untuk kita, bekerja di dalam atau di luar jaringan. Untuk bekerja di dalam jaringan, kita tidak perlu memasang perangkat lunak pengolah dokumen $\small\LaTeX$. Cukuplah kita memilih salah satu situs yang melayani hal penyusunan atau penyuntingan dokumen $\small\LaTeX$. Salah satunya, saya sarankan, adalah ShareLaTeX. Keterangan lebih lanjut tentang hal ini dapat Anda lihat di sini.
Untuk bekerja di luar jaringan, kita perlu memasang perangkat lunak. Salah satunya, saya sarankan, adalah TeX Live. Anda dapat mengunduh TeX Live 2017 dari situ atau dari sana dan cara pemasangannya dapat Anda ikuti dari sono.

Bagaimana Cara Menulis dengan Menggunakan $\LaTeX$?

Sekarang penulis menganggap Anda sedang menghadapi penyunting (editor) dokumen $\small\LaTeX$, baik secara daring maupun luring. Untuk memulai menuliskan suatu dokumen, Anda harus "menyiapkan" tiga baris perintah berikut ini.
Ketiga baris itu dikenal sebagai struktur dasar dokumen $\small\mathbf{\LaTeX}$. Anda sudah bersiap untuk menuliskan suatu dokumen berbentuk artikel. Isi naskah (tulisan) Anda tuliskan pada baris 4 (dan seterusnya). Baris 2 boleh dikosongkan atau ditambah oleh "unsur-unsur yang disyaratkan" untuk mendukung isi naskah.
Anda dapat menuliskan teks biasa secara langsung, atau teks matematis (rumus) secara sebaris (inline) dengan teks biasa, atau dalam bentuk tayang dalam satu baris tersendiri. Yang pertama dituliskan di dalam tanda dolar $\$ ... \$$ dan yang kedua di dalam tanda $\textrm{\[ ... \]}$ atau lainnya seperti dapat Anda lihat di sana atau di sono.

Penutup

Hingga di sini penulis berharap Anda sudah dapat menulis suatu dokumen sebagai contoh. Bila ada hal-hal yang perlu didiskusikan dengan penulis, silakan isi kotak komentar di bawah tulisan ini.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...