Monday, July 10, 2017

Bersolek pada Blog


Mukadimah

Beberapa waktu terakhir ini, saya semakin tertarik untuk bersolek lagi pada blog. Seperti dapat Anda lihat di sini, tulisan kali ini pun masih berkaitan dengan hal teknis dalam penampilan tulisan pada blog.
Perhatikan bagian mukadimah ini, Anda melihat suatu warna pada latarnya, bukan? Ini bukan pewarnaan pada latar teks melainkan pewarnaan pada bagian halaman yang berisi teks. Tentang pemilihan warna untuk latar ini, saya sarankan Anda untuk menggunakan w3schools. Hal teknis ini tentu sangat bermanfaat, misalnya ketika kita akan "menyoroti" suatu bagian tulisan agar memperoleh perhatian khusus dari pembaca. Mungkin berupa definisi, dalil, rumus, atau lainnya.
Hal kedua tentang bingkai berisi teks yang dapat dibuka dan ditutup, yang diistilahkan sebagai spoiler, untuk sekadar memberikan "kejutan". Anda biasa menemukan tulisan yang dikemas demikian, bukan?


Kedua hal di atas kita muat di dalam tulisan pada blog dalam modus HTML. Secara teknis Anda cukup menyalin kode yang ditunjukkan itu, kemudian Anda tempelkan dalam tulisan yang Anda buat pada blog (dalam modus HTML) dan Anda sunting sesuai dengan tampilan teks yang Anda inginkan.

Melatari Bagian Halaman oleh Warna

Silakan Anda salin kode HTML berikut ini untuk tulisan pada blog Anda.
<div style="background-color: #FFF8C6; margin-left: 20px; margin-right: 20px; padding-bottom: 8px; padding-left: 8px; padding-right: 8px; padding-top: 8px;">
</a><b>Ini bagian judul (bila diperlukan)</b><br/>
Tuliskan teks di sini.
</div>
Tiap nilai pada masing-masing opsi "background-color", "margin", dan "padding" dapat Anda atur sesuai dengan keperluannya.


Membuat Spoiler

Silakan Anda salin kode HTML berikut ini untuk tulisan pada blog Anda.
<button title="Click to Show/Hide Content" type="button" onclick="if(document.getElementById('spoiler') .style.display=='none') {document.getElementById('spoiler') .style.display=''}else{document.getElementById('spoiler') .style.display='none'}">Lihat/Tutup</button>
<div id="spoiler" style="display:none"> 
Tuliskan di sini teks yang disembunyikan. 
</div>


Penutup

Masih banyak hal yang belum kita ketahui tentang teknis penulisan pada blog. Semoga tulisan ini bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...