Saturday, June 17, 2017

XeLaTeX: Bekerja dalam Teks

Mukadimah

Sesuatu yang kita tampilkan tentu akan kita rancang sedemikian rupa agar memperoleh kesan menarik, memikat, bahkan memukau. Bagaimana kesan Anda terhadap teks pada gambar di samping ini?
XeLaTeX memberikan kemudahan kepada kita untuk memilih dan menggunakan jenis huruf sesuai dengan yang kita inginkan. Hal itu berkat ketersediaan paket fontspec yang digunakan di dalam compiler XeLaTeX.
Apa itu XeLaTeX?
Pada umumnya pengguna $\LaTeX$ (termasuk saya) lebih sering menggunakan penyusun/pengkompilasi (compiler) dokumen $\LaTeX$ yang "umum", yaitu pdfLaTeX. Padahal ada beberapa compiler yang dapat kita gunakan. Yang populer adalah pdfLaTeXXeLaTeX, dan LuaLaTeX. Sebagai contoh, penggunaan XeLaTeX dapat Anda temukan di sini dan penggunaan LuaLaTeX dapat Anda temukan di sana.
Di dalam XeLaTeX kita dapat menggunakan berbagai jenis huruf dalam ektensi *.ttf atau *.otf, yang dapat kita peroleh dari internet. Jenis huruf yang kita gunakan itu tunggal atau lebih dari satu jenis huruf. Kita dapat mengaturnya sesuai dengan keperluannya.
Pada contoh dalam gambar di samping ini, saya gunakan jenis huruf love-sunshine.ttf yang saya peroleh dari situ.

Teknis Penulisan

Misalkan kita sudah memiliki jenis huruf anu.ttf, maka bersama paket fontspec (pada mukadimah/preamble) kita tetapkan huruf itu sebagai huruf utama (main font).
\usepackage{fontspec}
\setmainfont[Ligatures=TeX]{anu.ttf}
Bila diperlukan, kita dapat menambahkan penggunaan jenis-jenis huruf lainnya. Masing-masing kita nyatakan oleh
\newfontfamily\kode{jenis_huruf.ttf}
Penyertaan perintah kode akan memudahkan kita dalam penggunaannya pada penulisan naskah. Untuk mengetahui hal itu, silakan perhatikan contohnya dalam tulisan ini.
Sekarang kita dapat memulai untuk menuliskan naskah pada badan dokumen (main body). Kemudian ketika akan melakukan kompilasi, pastikan bahwa kita menggunakan XeLaTeX. Bila Anda bekerja secara daring di dalam ShareLaTeX, maka pengaturannya sebagai berikut. Klik tombol menu,
Kemudian pada menu Settings, pilih Compiler XeLaTeX.
Bila sudah diatur sedemikian maka Anda dapat mengkompilasi dokumen tersebut.

Bila Anda bekerja secara luring di dalam TeX Live dengan penyunting TeXWorks, maka Anda dapat mengatur compiler XeLaTeX itu sebagai berikut.
Sangat mudah, bukan?

Penutup

Tampak bahwa berkat paket fontspec dan compiler XeLaTeX kita memperoleh keleluasaan dalam memilih jenis huruf yang akan kita gunakan. Untuk melengkapi pengetahuan dalam penggunaan paket fontspec, Anda dapat mempelajari dokumentasinya.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

5 comments:

  1. Saya ingin bertanya. Saya punya dokumen yang jika saya compile selalu muncul error yang mengatakan * XeTeX is required to compile this document. \RequireXeTeX. Bagaimana mengatasi ini? Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Bapak dapat membaca ulang tulisan di atas. Dalam hal itu Bapak harus mengkompilasi dokumen itu dengan menggunakan mesin pengolah dokumen (compiler) XeLaTeX, bukan pdfLaTeX.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah coba mengcompile dokumen tersebut dengan complier Xelatex tapi hasilnya tidak muncul dan juga tidak ada keterangan error. Apakah dokumen saya tersebut memang butuh waktu lama untuk di compile atau bagaimana? Terima kasih

      Delete
    2. Saya masih perlu bertanya. Misalnya, sudahkah Bapak mencantumkan paket fontspec? Sudahkah Bapak menyertakan (menunggah) jenis huruf (*.ttf atau *.otf) yang Bapak gunakan? (Akan lebih jelas bila Bapak menunjukkan pengkodeannya. Bapak dapat mengirimkannya ke kalakaypalid@gmail.com atau melalui Telegram ke @Kalakay.)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...