Friday, June 2, 2017

Animasi Berbentuk GIF

Mukadimah


Akhir-akhir ini kita memperhatikan wabah demam serba digital yang merasuki wilayah kita, dalam pendidikan atau pembelajaran. Ada animasi papan tulis (whiteboard animation), buku yang dapat dibolak-balik (flipping book), Graphics Interchange Format (GIF), dll. Yang disebut terakhir dapat Anda lihat contohnya di atas. Menyambut dan memasuki era digital, tak pelak, produk semacam itu merupakan suatu pilihan demi "menyesuaikan diri" dan menyiasati unsur visual di dalam pembelajaran.

Bagaimanakah membuat animasi GIF semacam itu?
Mungkin tak sederhana, terutama bila ditimbang dari hal kecakapan dan waktu dalam pembuatannya. Sekurang-kurangnya ada 7 alat yang digunakan dalam pembuatan berkas GIF tersebut, yaitu $\LaTeX$, Adobe Reader, FSCapture, Vector Magic, Videoscribe Sparkol, Handbrake, Video to GIF.

Membuat Animasi Berbentuk GIF


Pertama, kita harus memiliki suatu gambar yang akan kita muat ke dalam video yang dibuat oleh videoscribe (kecuali bila kita hanya menuliskan teks maka tahap ini dapat dilewatkan, seperti pada contoh GIF di atas). Tak sembarang bentuk gambar karena, seperti telah diulas di sini, bentuk gambar yang tepat untuk videoscribe adalah Scalable Vector Graphics (SVG).

Sebaik-baik gambar tentu buatan kita sendiri, yang disesuaikan dengan materi yang akan kita sajikan. Dalam $\LaTeX$ kita dapat membuatnya oleh paket TikZ atau lainnya. Karena hasil dari $\LaTeX$ berbentuk PDF maka setelah dibuka (misalnya) oleh Adobe Reader, kemudian bagian yang akan dijadikan gambar kita potong (crop) dengan menggunakan alat pemotong, misalnya FastStone Capture.


Kedua, gambar yang telah kita miliki (berbentuk PNG, JPG, atau lainnya) kemudian kita ubah menjadi bentuk SVG dengan menggunakan (misalnya) Vector Magic.

Ketiga, kita bekerja dalam videoscribe, menuliskan teks dan memuat gambar sesuai dengan materi yang akan kita sajikan. Dalam Windows, video yang dihasilkan berbentuk wmv atau avi. Bila diinginkan kita dapat mengubahnya menjadi mp4 dengan menggunakan (misalnya) Handbrake.

Keempat, ini langkah terakhir. Kita ubah video tersebut menjadi bentuk GIF dengan menggunakan (misalnya) Video to GIF Converter. Pada tahap ini kita perlu memperhatikan pilihan ukuran berkas yang dihasilkan (Ouput Size), kecepatan gambar perdetik (Output Rate) dengan ketersediaan hingga 162, Output Option, Effects, kualitas warna (Quality), dan kecepatan animasi dalam hitungan detik (Speed).


Penutup

Pembuatan animasi GIF seperti telah diuraikan di atas memerlukan waktu luang yang mencukupi karena relatif lama, terutama dalam pembuatan videoscribe dan pengubahan bentuk dari video ke GIF. Dalam pembuatan videoscribe kita perlu mempertimbangkan pengaturan durasi agar video yang dihasilkan tidak terlalu "berat" dan tidak terlalu cepat.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

2 comments:

  1. Sudah lama saya nunggu tutorialnya kang eman, terima kasih untuk ceritanya. Mudah-mudahan saya berhasil membuat satu karya :)

    ReplyDelete
  2. Belajar dan berbagi adalah sesuau yang indah, terima kasih Pak untuk tutorialnya, sudah lama dinantikan :). Mudah-mudah saya bisa berhasil membuat satu karya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...