Saturday, January 28, 2017

Minted: Pilihan yang "Mahal"

Mukadimah

Bekerja dalam TeX Live dengan penyunting TeXworks sesekali menemui hal yang "ngeri-ngeri sedap", seperti ketika mengkompilasi dokumen yang memuat paket asymptote atau paket minted. Hal itu disebabkan adanya penggunaan pendukung yang diperoleh dari luar sistem TeX Live.
Paket minted memfasilitasi dalam hal menyoroti (high­light­ing) sintaks pada dokumen $\small\LaTeX$ secara ekspresif berkat dukungan dari kepustakaan pygments yang kuat. Paket minted juga menyediakan pilihan untuk menyesuaikan tampilan kode yang disorot dalam bentuk verbatim berhiaskan warna. Anda dapat melihat ulasan sebelumnya tentang hal ini di sini dan di sana. Nah, pygments inilah yang tidak tersedia di dalam TeX Live.
Di forum terdapat beberapa petunjuk untuk menyiasati agar paket minted dapat digunakan di dalam TeX Live, tetapi (hingga saat ini) saya belum berhasil melakukannya. Akhirnya pilihan saya jatuh kepada Anaconda3-4.2.0, meskipun saya harus "membayar mahal" senilai 341MB untuk memasangnya pada Windows 8.1 versi x86.

Apa yang Harus Dilakukan?

Dua hal yang harus kita lakukan agar kita dapat menggunakan paket minted di dalam TeX Live.
  1. Memasang Anaconda3-4.2.0 pada komputer. Silakan unduh dulu di situ kemudian ikuti petunjuk pemasangan yang muncul hingga pemasangannya selesai.
  2. Mengatur penyunting TeXworks untuk menggunakan fitur shell escape.
Untuk hal kedua dilakukan sebagai berikut.
Buka penyunting TeXworks, kemudian klik "Edit" lalu klik "Preferences ...".
Berikutnya, pada jendela popup yang muncul klik "Typesetting" lalu pada menu Processing tools klik "pdfLaTeX" kemudian klik "Edit".
Pada kotak Name kita dapat mengisinya sesuai dengan selera kita, misalnya "pdfLaTeX+shell escape". Sekarang klik tombol bertanda plus, kemudian tuliskan "--shell-escape". Setelah itu klik tanda panah ke atas untuk menggeser tulisan tadi satu langkah ke atas agar berada di atas $fullname. Terakhir, klik "OK".

Contoh Penggunaan

Sekarang kita sudah dapat menggunakan paket minted di dalam TeX Live. Tentu terdapat beberapa fitur dan opsi di dalam paket minted yang dapat kita pilih dan gunakan sesuai dengan keperluannya. Untuk mempelajari hal itu, silakan buka dokumentasinya. Sebagai contoh, silakan Anda salin dan kompilasi sintaks dokumen berikut ini. Hasilnya akan terlihat seperti gambar pertama di atas.
\documentclass[12pt]{article}
\usepackage[a4paper,margin=2cm]{geometry}
\usepackage{xcolor}
\usepackage{minted}
\definecolor{bistre}{RGB}{133, 109, 77}

\begin{document}

\begin{minted}[
    frame=lines,
    framerule=1pt,
    framesep=5pt,
    rulecolor=\color{bistre}
            ]{latex}
\documentclass[border=3pt]{standalone}
\usepackage{qrcode}
\begin{document}
\qrcode[height=5cm]{Matematika Nusantara}
\end{document}
\end{minted}

\end{document}

Penutup

Selain untuk menyoroti kode $\small\LaTeX$, paket minted juga dapat digunakan untuk menyoroti kode python di dalam dokumen $\small\LaTeX$.
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...