Sunday, January 29, 2017

Kepala Tabel (Table Header)

Mukadimah

Seperti yang sering saya sebutkan, tabel dan gambar/grafik merupakan dua unsur yang agak "rumit" di dalam dokumen $\small\LaTeX$ karena sering kali meminta trik tertentu untuk dapat mencetak hasil seperti yang kita inginkan.
Sebagai sarana "bantuan gawat darurat", tentu jaringan memberikan beberapa situs atau perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai "jembatan" untuk membuat tabel (salah satunya situs ini), tetapi tetap saja memerlukan kecakapan kita untuk menyuntingnya kembali.
Salah satu contoh "sederhana" tampak pada gambar di samping ini. Ketika itu seseorang bertanya, "Bagaimana baris pada kepala tabel dibuat lebih renggang daripada baris-baris lainnya?". Dapat Anda lihat, kepala tabel pada kedua tabel itu tampak lebih renggang, bukan?
Kemudian, setelah kedua tabel itu saya tunjukkan, saya pun bertanya, "Adakah yang menarik perhatian dari kedua tabel itu?". Berikut ini jawaban yang saya peroleh:

  • Tabel 2 lebih "sedap dipandang"
  • Tabel 2 tanpa garis tepi vertikal
  • Tabel 2 memberikan garis lebih tebal pada bagian paling atas dan paling bawah
  • jarak garis dengan garis lain atau tulisan dengan tulisan lain

Perlu diketahui bahwa kedua tabel itu dibuat dalam lingkup perintah tabular. Lalu, bagaimana keduanya bisa berbeda? Bagaimana pula kerenggangan baris pada kepala tabel dapat berbeda dengan baris-baris lainnya?


Tabel Dengan atau Tanpa Paket Booktabs

Perhatikan Tabel 1 di atas. Tabel 1 dibuat di dalam lingkup perintah (environmenttabular dan menggunakan kemampuan dasar $\small\LaTeX$ (tanpa menggunakan paket tertentu). Setiap garis mendatar dibuat oleh perintah \hline dan setiap garis tegak dibuat oleh | (tombolnya terletak di atas tombol enter) dalam
\begin{tabular}{|c|c|c|}
Perlu diketahui pula bahwa kerenggangan untuk tiap baris pada kedua tabel itu masih merupakan kerenggangan dasar, belum diatur dalam ukuran tertentu. Tentu dapat Anda lihat bahwa kerenggangan teks antarbaris lebih nyaman terlihat pada Tabel 2, bukan?

Tabel 2 dibuat di dalam lingkup perintah tabular dan menggunakan paket booktabs. Secara asal (default), paket booktabs memberikan kerenggangan yang memadai antarbaris-barisnya. Paket booktabs "tidak menyukai" garis tegak dan memberikan perintah khusus untuk garis mendatarnya. Di atas kepala tabel, garis mendatar dibuat oleh perintah \toprule. Setelah baris terakhir, garis mendatar dibuat oleh perintah \bottomrule. Garis-garis mendatar antarbaris-baris lainnya dibuat oleh perintah \midrule. Hal itu memberikan ketebalan garis yang berbeda untuk garis paling atas/paling bawah dan garis-garis lainnya. Oleh karena itu, dalam hal tabel, saya "bermazhab" kepada paket booktabs.


Membuat Baris pada Kepala Tabel Lebih Renggang

Salah satu pilihan (paling mudah) untuk membuat itu adalah dengan menggunakan paket makecell. Sekaligus menebalkan judulnya, pada mukadimah, kita cantumkan 
\usepackage{makecell}
\renewcommand\theadfont{\bfseries}
kemudian tiap judul pada kepala tabel itu kita nyatakan di dalam perintah \thead{...}.
Agar dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang uraian di atas, berikut ini saya lampirkan pengkodean untuk kedua tabel di atas. Silakan Anda salin lalu kompilasi dan perhatikan hasilnya.

\documentclass{article}
\usepackage[a4paper,margin=2cm]{geometry} %tata letak halaman
\renewcommand{\rmdefault}{put} %jenis huruf Utopia
\usepackage{caption} %untuk keterangan pada tabel/gambar
\usepackage{booktabs}
\usepackage{makecell}
\renewcommand\theadfont{\bfseries}

\begin{document}

\begin{table}[!ht]
    \centering
\begin{tabular}{|c|c|c|}\hline
\thead{No.} & \thead{Nama Peserta} & \thead{Daerah Asal}\\\hline
1. & Andika Suryana & Sumedang\\\hline
2. & Bahtiar Alwi & Solo\\\hline
3. & Candra Hermanto & Tuban\\\hline
4. & Darmawan Hanafi & Banyuwangi\\\hline
\end{tabular}
\caption{}
\end{table}

\begin{table}[!ht]
    \centering
\begin{tabular}{cll}\toprule
\thead{No.} & \multicolumn{1}{c}{\thead{Nama Peserta}} & \multicolumn{1}{c}{\thead{Daerah Asal}}\\\midrule
1. & Andika Suryana & Sumedang\\\midrule
2. & Bahtiar Alwi & Solo\\\midrule
3. & Candra Hermanto & Tuban\\\midrule
4. & Darmawan Hanafi & Banyuwangi\\\bottomrule
\end{tabular}
\caption{}
\end{table}

\end{document}


Penutup

Pada tulisan lainnya, saya telah menerjemahkan suatu tulisan tentang cara menyusun tabel di dalam $\small\LaTeX$. Silakan Anda buka dan unduh berkasnya di sini. Anda juga dapat meninjau tulisan lainnya yang berkaitan dengan tabel, di situ atau di sana.

Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2017

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...