Friday, December 16, 2016

Menyisipkan Berkas GIF ke dalam Berkas PDF

Dalam keseharian mungkin seringkali kita lihat dan kita "putar" berkas-berkas berbentuk Graphics Interchange Format (GIF) seperti yang Anda lihat di samping ini. (Berkas tersebut saya peroleh dari Randy McMillan di Github.)
Pada tulisan ini penulis akan mengulas salah satu cara untuk menyisipkan berkas *.gif ke dalam dokumen $\small\LaTeX$ yang kita susun. Tentu, ini bertalian dengan tujuan dari penyusunan dokumen itu. Untuk guru, misalnya, hal ini bermanfaat untuk memperkaya dokumen dengan memuat berkas *.gif yang bersesuaian dengan materi pelajaran yang diampunya.
Selain itu mungkin juga sekadar dimanfaatkan sebagai "penghibur", "pemanis", atau apalah yang memikat perhatian pada suatu dokumen $\small\LaTeX$ yang disusun.

Apa yang Harus Dilakukan?

Penyusunan dokumen $\small\LaTeX$ akan menemui tingkat kesulitan yang relatif tinggi bila sudah menyangkut animasi. Hal ini dapat menyebabkan kita untuk memilih cara ini. Atas saran dari seorang pakar di forum, saya pilih cara dengan mengubah berkas *.gif itu menjadi berkas *.png kemudian di dalam dokumen $\small\LaTeX$ dirangkai kembali oleh paket animate
Karena sifat dari berkas animasi yang tersusun oleh beberapa pelapis (layer) berupa gambar, maka ketika berkas *.gif itu diubah menjadi berkas *.png dihasilkan menjadi beberapa berkas *.png dengan nama yang sama tetapi dibedakan oleh indeks atau penomorannya. Semula saya ubah berkas *.gif itu secara daring melalui beberapa situs secara berulang kali tetapi setelah disusun dalam dokumen $\small\LaTeX$ hasilnya tidak memuaskan, karena tampak buram dan terdapat bagian garis yang hilang. Beruntung, akhirnya, saya menemukan software gratis yang relatif ringan di sini.
Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan untuk membuat dokumen $\small\LaTeX$ yang memuat berkas *.gif seperti yang dapat Anda lihat dan unduh pada bagian bawah tulisan ini. (Saya anggap Anda bekerja pada komputer dengan menggunakan TeX Live, MikTeX, atau lainnya.)

Pertama, buatlah folder dan namai (misalnya) "Contoh Animasi".

Kedua, unduh dan pasang pada komputer Anda software untuk mengubah berkas GIF ke Portable Network Graphics (PNG) dari sini. Buka software tersebut sehingga tampil seperti ini.
Buka berkas *.gif Anda pada kotak "Input File" dan simpan (melalui kotak "Output Folder") hasilnya dalam folder "Contoh Animasi".

Ketiga, periksa folder "Contoh Animasi". Namai berkas PNG yang dihasilkan sebagai namaberkas-0.png, namaberkas-1.pngnamaberkas-2.png, dan seterusnya.

Keempat, sebagai contoh, silakan Anda salin pengkodean berikut ini dan ganti nama berkas *.gif sesuai dengan berkas yang Anda miliki.


Perhatikan baris 10 di atas. 
\animategraphics[loop,controls,width=.8\linewidth]{20}{patrick-}{0}{65}
Nilai $\textrm{width}$ menyatakan ukuran gambar animasi yang ingin kita tampilkan. Anda dapat mengubahnya sesuai dengan keinginan Anda. Nilai $20$ menyatakan tingkat kecepatan dari animasi. Nilai yang besar berarti melambatkan dan demikian sebaliknya. $\textrm{patrick}$ adalah nama berkas *.gif yang saya miliki. Hasil pengubahan dari GIF ke PNG dari berkas saya "patrick.gif" itu menghasilkan 66 berkas "patrick-<nomor>.png" yang kemudian saya nomori dari $0$ hingga $65$.

Kelima, simpan dokumen $\small\LaTeX$ itu dan namai (saya menamainya sebagai patrick.tex) kemudian kompilasi dalam editor $\small\LaTeX$ Anda. Hasil dari saya dapat Anda lihat pada dokumen terlampir di bawah ini. 

Penutup

Salah satu "kerepotan" dari bagian langkah di atas adalah ketika harus menomori tiap berkas PNG yang dihasilkan. Meskipun demikian hal itu tak seberapa bila kita bandingkan dengan kemanfaatannya. Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2016



2 comments:

  1. Blog nya sangat membantu dalam penulisan latex kak..
    Kunjungi blog saya juga ya kak..
    mains10.blogspot.co.id
    Thanks

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...