Saturday, July 2, 2016

Tips 3: Menarik Garis Tegak Lurus

Mukadimah

Karena tulisan berbentuk tips ini berjarak cukup jauh dari tulisan sejenis, saya lampirkan dulu tulisan sebelumnya di sini dan di sana.
Pada tulisan ini akan saya ulas tentang cara menarik suatu garis dari suatu titik pada suatu garis, demikian sehingga garis itu tegak lurus terhadap garis yang diketahui. Perhatikan Gambar 1 berikut ini, kemudian hasil yang diharapkan pada Gambar 2.
Kita ketahui suatu ruas garis $AC$ dan suatu titik $B$ pada $\overline{AC}$. Kita ingin membuat suatu ruas garis dari $B$ dan tegak lurus pada $\overline{AC}$.

Lukisan

Untuk menjawab masalah tersebut akan kita gunakan paket TikZ. Lebih dulu akan kita gambar ruas garis yang diketahui dan salah satu titik pada ruas garis itu, yaitu titik $B$. Untuk hal ini dapat kita siapkan koordinat-koordinat berikut ini.
\coordinate (A) at (0,1/3);
\coordinate (B) at (2,1);
\coordinate (C) at (5,2);
Kemudian kita tunjukkan ruas garis $\overline{AC}$ oleh
\draw[thick] (A)--(C);
dan kita namai tiap koordinat itu oleh
\node[below,xshift=.05cm] at (A) {A}
node[below,xshift=.05cm] at (B) {B}
node[below] at (C) {C};
Hingga di sini kita peroleh gambar seperti tampak pada Gambar 1 di atas.

Sekarang, bagaimana cara memperoleh garis yang tegak lurus terhadap $\overline{AC}$ dari $B$?
Inilah kunci dari masalah ini. Yang kita lakukan adalah menetapkan suatu koordinat yang berkaitan dengan $\overline{BC}$ pada kedudukan $90^\circ$ terhadapnya. Untuk ini kita tetapkan (misalnya) koordinat untuk titik $D$ oleh
\coordinate (D) at ($(B)!2.5cm!90:(C)$);
yang menempatkannya sejarak $2,5\,\textrm{cm}$ dari $B$. (Perlu diketahui bahwa penetapan koordinat oleh cara itu memerlukan kepustakaan Tikz calc.) Kemudian kita hubungkan $B$ ke $D$ oleh 
\draw[thick] (B)--(D);
Untuk mendai sudut siku-siku itu, dapat Anda buka tulisan ini. Dengan demikian, hingga di sini, kita sudah menjawab masalah tersebut dan hasilnya tampak pada gambar 2 di atas.

Penutup

Penetapan koordinat semacam untuk titik $D$ itu bersifat khas, sehingga kita harus menghafalkannya. Demikian semoga tulisan ini bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2016

4 comments:

  1. Sungguh, tulisan ini sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya, sangat terstruktur, meski saya belum paham pada bagian: coordinate (D) at ($(B)!2.5cm!90:(C)$), itu maksudnya bagaimana ya Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Pak Gun. Keterangan untuk itu ada di atas, pada baris "Yang kita lakukan adalah ...".

      Delete
  2. Jika dibuat 1 kalimat maksudnya, coordinate (D) at ((B)!2.5cm!90:(C)) adalah membuat titik D dari titik B sejauh 2,5 cm dengan sudut 90 derajat dari garis BC menggunakan paket tikz calc. sepertinya begitu ya pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, menggunakan library calc dalam paket TikZ.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...