Sunday, June 12, 2016

"Menangkap" Tulisan pada Situs Menjadi Epub

Mukadimah

Sebelum Anda melanjutkan dalam membaca tulisan ini, sebaiknya Anda baca dulu ini dan itu. Akhir-akhir ini kegandrungan terhadap sumber bacaan, memang, seolah-olah beralih kepada epub. Hal ini disebabkan oleh sifat dari berkas *.epub yang berukuran sangat ringan serta mudah dan nyaman dibaca (kapan pun, di mana pun) dalam perangkat mobile, semacam handphone.
Nah, pada suatu ketika mungkin kita menemukan (atau bahkan tulisan kita sendiri) suatu tulisan pada suatu situs dan ingin "membukukan" tulisan itu dalam bentuk epub. Itulah yang akan saya ulas kali ini.

dotEPUB

Salah satu yang memberikan pelayanan untuk hal itu adalah dotEPUB, dengan hasil yang sangat baik. Apa yang harus dilakukan?
  • Buka situs dotEPUB kemudian klik opsi "EPUB" dan "Immersive mode", seperti tampak pada gambar di atas.
  • Pasang (install) ekstensinya sesuai dengan peramban (browser) yang Anda gunakan.
  • Tarik (drag) logo dotEPUB pada markah buku (bookmark) dari peramban Anda, seperti tampak pada gambar di atas ini.
  • Buka situs yang memuat tulisan yang ingin Anda jadikan dokumen berbentuk *.epub.
  • Klik ekstensi .epub pada bookmark tersebut dan tunggu beberapa saat hingga berkas *.epub selesai dibuat dan (langsung) terunduh. Bila perlu, selanjutnya Anda dapat mengganti nama berkas *.epub itu.
Perlu diketahui bahwa ektensi .epub dari dotEPUB ini memiliki kelemahan (keterbatasan), yaitu tidak dapat "menangkap" gambar, tabel, dan rumus (equation) yang termuat di dalam tulisan yang diambil itu. Hal ini dapat diatasi dengan cara menyunting berkas *.epub itu di dalam Sigil dalam menu HTML, sebagaimana telah diulas di sana.
Tentu diperlukan pengetahuan tentang cara memuat gambar, tabel, equation, audio, dan video dalam penyuntingan tersebut. Tentang penyuntingan equation dapat Anda pelajari di situ, sedangkan cara penyuntingan lainnya dapat Anda pelajari dari dokumen di bawah ini.



Penutup

Mungkin perlu saya ingatkan bahwa dalam pembuatan berkas *.epub kita dituntut untuk mampu menyunting kode HTML. Bila Anda terkendala tentang hal itu, Anda menelusuri hal terkait itu pada w3schools.com.
Demikian semoga tulisan ini bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2016

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...