Tuesday, June 7, 2016

Desktop Publishing

Mukadimah

Memang belum ada terjemahan baku untuk istilah desktop publishing (DTP), tetapi maknanya adalah suatu cara untuk menerbitkan sendiri beberapa jenis cetakan dengan menggunakan komputer pribadi dan pencetak (printer). Cara ini, secara umum, memerlukan dua prasyarat, yaitu keterampilan (skill) penggunanya dan software yang digunakan. Jenis cetakan yang dapat dibuat adalah brosur, kartu nama, formulir, kalender, piagam/sertifikat, daftar riwayat hidup (CV), sampul CD/DVD, amplop, pamflet (flyer), kartu ucapan, kartu undangan, surat, logo, daftar menu makanan, suratkabar, kartu pos, dan poster. Mari kita lihat dulu contoh hasilnya berikut ini.



Bagaimana, bagus bukan? Lalu, apa kaitannya dengan $\small\LaTeX$? Apakah itu hasil dari $\small\LaTeX$? Tentu bukan, itu bukan hasil dari $\small\LaTeX$, melainkan hasil dari software DTP.
Ini hanya soal rasa! Bahwa $\small\LaTeX$ memiliki kemampuan untuk membuat itu, tetapi (dalam hal tertentu) kita juga punya pilihan ini untuk bekerja secara "instant".

Apa yang Harus Dilakukan?

Seperti dapat Anda lihat di sini, cukup banyak software desktop publishing (DTP) yang tersedia, baik yang gratis (open source) maupun yang berbayar. Software DTP bersifat layaknya pengolah kata, yaitu "apa yang dilihat, itu yang didapat" (WYSIWYG). Teks dituliskan dalam pengolah kata, sedangkan bentuk gambar terbaik yang digunakan adalah Scalable Vector Graphics (SVG).
Karena prasyarat di atas, maka hasil cetak yang baik tentu bergantung pada keterampilan penggunanya dalam menata halaman cetakan. Meskipun demikian, sebagai "penolong", tersedia pula beberapa selingkung (template) yang siap untuk digunakan sesuai dengan keperluannya. Pada contoh di atas, saya juga menggunakan salah satu selingkung yang tersedia.
Sebagai pemula, saya pilih PagePlus Starter Edition ketika mengawali ini. Anda dapat memperoleh software itu di situ. Tentu dengan fitur yang terbatas, tetapi 100% gratis dan hanya memerlukan alamat surel (email) untuk menerima nomor seri dari software tersebut.
Nah, untuk gambar, tetaplah hasil dari $\small\LaTeX$ yang terbaik. Saya mengubahnya dari PDF ke Portable Network Graphics (PNG) oleh FastStone Capture, kemudian mengubahnya menjadi SVG oleh vector magic. Software vector magic dapat Anda unduh di sana (25MB).
Selain itu, Anda dapat mencoba software desktop publishing gratis (open source) lainnya, yaitu Scribus.


Penutup

Nah, "tanpa $\small\LaTeX$", sekarang Anda dapat mencetak sendiri dokumen dengan kualitas yang baik. Untuk pengguna $\small\LaTeX$, setidaknya, ini menjadi pilihan untuk membuat sampul dokumen. Untuk hal ini, mungkin masih diperlukan lagi software PDF yang memiliki kemampuan untuk menggabungkan (combine) halaman-halaman PDF yang sudah dibuat. 
Demikian semoga bermanfaat.

$\square$ Adjie Gumarang Pujakelana 2016

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...