Tuesday, November 10, 2015

Mengubah Bentuk Ebook Menjadi PDF dengan Calibre

Pada tulisan saya yang ke-200 ini, akan saya kupas tentang cara mengubah bentuk buku elektronik (e-book). Mungkin Anda memiliki e-book berbentuk DOCX, RTF, TXT, DJVU, EPUB, MOBI, atau yang lainnya, kita akan mengubahnya ke dalam bentuk dokumen portabel (PDF) dengan menggunakan Calibre.

Apa Calibre itu?
Calibre merupakan aplikasi pengelola perpustakaan buku elektronik yang gratis dan terbuka (bebas) yang dikembangkan oleh dan untuk pengguna buku elektronik. Fitur-fiturnya dapat Anda pelajari di sini.

Setelah kita mengunduh dan memasang softwarenya di komputer, kita dapat menggunakan salah satu fiturnya, yaitu mengubah bentuk berkas buku elektronik dari bentuk asal ke bentuk lainnya. Terdapat beberapa bentuk hasil pengubahannya, namun dalam tulisan ini kita akan memilih salah salah satunya, yaitu mengubahnya menjadi PDF. 

Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Buka Calibre dan pastikan buku yang dimaksud sudah termuat di dalam Calibre. Bila belum, klik menu Add books di pojok kiri-atas untuk memuatnya.
2. Sorot buku tersebut kemudian klik menu Convert books. Pada kotak Output format di pojok kanan-atas, pilih PDF. Kemudian klik (centang) kotak Use cover from source file.
3. Klik menu Look and Feel kemudian centang dua kotak, Embed referenced fonts dan Subset all embedded fonts.
4. Klik menu Page Setup kemudian tetapkan (pilih) Default Output Profile dan Default Input Profile. Di kanannya, ketikkan 72.0 pt, untuk membatasi tepi (margin) buku sejarak 1 inchi. (Gunakan 56 pt bila diinginkan batas tepi 3/4 inchi.)
5. Klik menu Table of Contents dan centang kotak Do not add detected chapters to the Table of Contents.
6. Klik menu PDF Output kemudian centang kotak Override paper size set in output profile, pilih ukuran kertas a4, dan centang kotak Preserve aspect ratio for cover.
7. Klik OK dan tunggu hingga proses pengubahanya selesai.

(Sumber: chessindia.net)

Dengan ketujuh langkah tersebut sekarang kita telah memperoleh sebuah buku elektronik baru berbentuk PDF.
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2015


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...