Friday, September 11, 2015

Paket Exam: Membuat Naskah Soal Uraian

Ketika Anda (para guru) melakukan pengujian dengan bentuk soal uraian, apakah lembar jawabannya terpisah dari lembar soal? Apakah lembar jawaban itu Anda sediakan ataukah disediakan oleh siswa (peserta ujian)? 
Apakah lembar soal dari Anda itu sekaligus menyediakan ruang untuk jawabannya? Bila ya, apakah ruang untuk jawaban siswa itu polos atau bergaris?

Nah, kupasan kita kali berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas. Kita akan membuat naskah soal uraian dengan menggunakan paket exam, di mana naskah soal itu sekaligus menyediakan ruang untuk jawabannya. 

Dalam tulisan terdahulu telah diulas tentang pemanfaatan paket exam untuk membuat naskah soal ujian (ulangan), sekaligus saya tunjukkan contoh selingkung (template) naskah soal yang saya gunakan. Dengan demikian, teknis dasar dalam membuat naskah soal uraian dengan menggunakan paket exam akan merujuk kepada tulisan itu. Sebagai tambahannya, akan kita sediakan ruang untuk jawaban dari setiap soal dalam bentuk baris-baris bergaris. Bagaimana cara membuatnya?

Ruang untuk jawaban itu (bergaris) kita buat dengan perintah
\fillwithlines{kerenggangan}
setelah menuliskan butir soal dalam perintah \question. Kerenggangannya dapat kita isi dengan angka dan satuannya, misalnya cm atau in. Dalam contoh dokumen di bawah ini saya gunakan satuan cm. Kemudian pada kelas dokumen saya gunakan opsi kertas A4 dengan ukuran huruf 10pt. Untuk tata letak halaman saya gunakan paket geometry dengan beberapa opsi sebagaimana terlampir dalam pengkodean. Untuk jenis huruf saya gunakan palatino.
Dua buah soal yang saya tulis dalam contoh dokumen ini berasal dari Jenis Soal Uraian pada Olimpiade Matematika SD Tingkat Nasional 2004 yang telah dilaksanakan di Pekanbaru pada 24 s.d. 27 Agustus 2004.

Demikianlah, berikut ini pengkodean untuk contoh dokumen naskah soal uraian sebagaimana telah diulas di atas beserta dokumen yang dihasilkannya.
Semoga bermanfaat!

Adjie Gumarang Pujakelana 2015
\documentclass[a4paper,10pt]{exam}
\usepackage[bindingoffset=0cm,left=2cm,right=2cm,top=2cm,bottom=2cm,footskip=0.5cm]{geometry}
\usepackage{palatino}

\begin{document}

\begin{EnvFullwidth}
\textbf{Jawablah dengan jelas dan tepat!}
\end{EnvFullwidth}

\begin{questions}
\question
Harga sebatang sabun mandi di warung Bu Siti Rp900,00. Kalau membeli banyak, harga rata-rata sebatang sabun mandi di toko Pak Husin lebih murah Rp55,00. Berapa harga 144 batang sabun mandi kalau kita membeli di toko Pak Husin?

\medskip
\textbf{Jawaban}
\fillwithlines{5cm}
\question
Badru mempunyai satu bundel tiket sepak bola untuk dijual. Pada hari Minggu ia dapat menjual 10 lembar tiket kepada keluarganya. Pada hari Senin ia dapat menjual setengah dari banyak tiket yang tersisa. Pada hari Selasa ia menjual 5 tiket kepada teman sekolahnya dan 2 tiket terakhir kepada dua orang gurunya. Berapa lembar tiket yang ada dalam satu bundel?

\medskip
\textbf{Jawaban}
\fillwithlines{7cm}
\end{questions}

\end{document}


-->

1 comment:

  1. Sangat bermnfaat pak, saya lihat "tempat menjawab" diatur oleh lebar \fillwithlines{...}. Sangat ingin mempraktekkannya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...