Wednesday, March 4, 2015

Belajar dari Youtube dalam File PDF

Ini adalah tulisan kedua tentang pemuatan video (juga lagu) ke dalam dokumen teks portabel (PDF) dengan menggunakan paket media9.
Kalau dalam contoh pada tulisan sebelumnya video yang dimuat berasal dari direktori komputer kita, maka dalam contoh ini video berasal dari situs Youtube.

Ketika Anda menulis suatu dokumen, mungkin Anda merasa bahwa dokumen itu akan lebih optimal bila didukung oleh suatu video yang berkaitan dengan isi dokumen tersebut. Untuk keperluan itu kemudian Anda mencarinya melalui internet di Youtube. Yang harus Anda lakukan adalah menyalin alamat dari video tersebut. Misalnya, dalam contoh ini, alamatnya adalah 
https://www.youtube.com/watch?v=agkuTF0Nk1c
Agar video itu termuat dalam dokumen $\small\LaTeX$, maka alamat itu harus diubah. Hilangkan tulisan "watch?" dan ganti tanda "=" oleh "/", kemudian di ujung alamat itu tambahkan kode "?rel=0" sehingga menjadi
https://www.youtube.com/v/agkuTF0Nk1c?rel=0

Terakhir, gunakan perintah \includemedia berikut ini sebagaimana dipandu oleh dokumentasi paket media9.



Video dalam contoh dokumen di bawah ini memang tidak tampak di sini, tetapi Anda dapat melihatnya bila Anda membukanya dengan Adobe Reader atau Nitro, dan terkoneksi dengan internet. Saya muat dua video dalam contoh ini, berikut ini pengkodean selengkapnya.


Silakan unduh dokumennya. Dokumen ini saya susun melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2015



1 comment:

  1. sip pak eman, keren sekali karya nya, saya dan teman2 tunggu lagi karya nya pak

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...