Saturday, November 8, 2014

Satera Jontal

Satera Jontal adalah sistem penulisan dalam bahasa Sumbawa (Basa Samawa) yang berbentuk aksara tradisional. Aksara ini memiliki kemiripan dengan aksara Bugis. Abjad Satera Jontal dapat Anda lihat pada gambar di samping ini. 
Bila Anda berminat untuk mendalami lebih jauh tentang Satera Jontal dan teknis penulisannya, silakan Anda pelajari pada blog Satera Jontal.

Nah, sekarang, bagaimana cara agar Anda dapat menerapkan Satera Jontal dalam dokumen $\small\LaTeX$?
Untuk hal ini dapat Anda gunakan compiler XeLaTeX. Anda dapat menyusun dokumennya melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX atau dengan menggunakan TeX Live 2014.
Bila Anda menyusun dokumen itu melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX, maka lebih dulu Anda harus mengunggah file SateraJontal.ttf ke dalam project dokumen tersebut; sedangkan bila Anda menyusunnya dengan TeX Live 2014, maka Anda harus meletakkan file SateraJontal.ttf ke dalam folder dari dokumen tersebut. Huruf (fontSateraJontal.ttf tersebut dibuat oleh Amy Qudratul Ilham, seorang siswa (alumnus) SMK Negeri 2 Sumbawa Besar.
Selanjutnya, dalam preamble dokumen Anda harus memuat
\usepackage{fontspec}
\setmainfont{SateraJontal.ttf}
Berikut ini contoh dokumen yang menyertakan tulisan Satera Jontal yang saya susun melalui Online LaTeX Editor ShareLaTeX beserta hasilnya.
Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2014 
\documentclass[]{article}
\usepackage[margin=3cm]{geometry}
\usepackage[T1]{fontenc}
\usepackage[indonesian]{babel}
\usepackage{fontspec}
\usepackage{xcolor}
\usepackage{mdframed}
\setmainfont{SateraJontal.ttf}

\begin{document}

\pagecolor{yellow!30}
\begin{mdframed}[backgroundcolor=yellow!30]
{\LARGE
Hari ini, Kamis, 6 November 2014, saya mulai menerapkan huruf Satera Jontal dalam \LaTeX. Huruf {\large\tt satera jontal.ttf} ini dibuat oleh Amy Qudratul Ilham semasa dia bersekolah di SMK Negeri 2 Sumbawa Besar. Hingga saat ini dia telah membuat versi kedua dari huruf ini.}

\bigskip
\fontfamily{Quattrocento-TLF}\selectfont
Hari ini, Kamis, 6 November 2014, saya mulai menerapkan huruf Satera Jontal dalam \LaTeX. Huruf {\tt satera jontal.ttf} ini dibuat oleh Amy Qudratul Ilham semasa dia bersekolah di SMK Negeri 2 Sumbawa Besar. Hingga saat ini dia telah membuat versi kedua dari huruf ini.
\end{mdframed}

\end{document}



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...