Monday, May 19, 2014

Bagaimana Saya Belajar $\mathbf\small\LaTeX$?

Selaku penjelajah internet yang relatif sudah cukup lama, saya seringkali menemukan halaman-halaman yang berkaitan dengan teknis penulisan lambang-lambang Matematika dengan menggunakan $\small\LaTeX$. Hal tersebut lebih terasa setelah saya mulai membuat dan mengelola blog. Keingintahuan itu semakin menguat. Saya ingin dapat menulis dokumen (naskah) secara utuh dengan $\small\LaTeX$, bukan sekadar menuliskan rumusnya saja (seperti yang sudah dapat saya lakukan di wordpress maupun di blogspot). 

Waktu demi waktu membawa saya pada beberapa situs yang memperkaya pengetahuan saya tentang $\small\LaTeX$, berupa referensi dokumen $\small\LaTeX$ (ebook), situs penyedia layanan penulisan dokumen $\small\LaTeX$, dan forum pengguna $\small\LaTeX$.

Bila Anda tertarik dan akan belajar menulis dengan $\small\LaTeX$ secara mandiri (otodidak), saya sarankan beberapa hal berikut ini.
  1. Apa sih $\mathbf\small\LaTeX$ itu? Banyak situs yang menjelaskan tentang ini, salah satunya adalah Wikibooks.
  2. Apa sih keunggulan dan kelemahan $\mathbf\small\LaTeX$ bila dibandingkan dengan pengolah kata semacam microsoft word? Salah satu penjelasannya ada di halaman ini.
  3. Pasang (install) software $\mathbf\small\LaTeX$ di komputer. Untuk ini $\TeX$ Live sangat efektif, karena semua paket $\small\LaTeX$ yang terdaftar di Com­pre­hen­sive $\TeX$ Archive Net­work (CTAN) secara otomatis dapat terpasang pada $\TeX$ Live. Pada dasarnya $\LaTeX$ bersifat terbuka (open source), sehingga memang ada beberapa paket baru yang belum terdaftar di CTAN dan harus dipasang sendiri pada $\TeX$ Live atau pada tulisan yang dibuat. Secara berkala (bila tersedia) paket-paket dalam $\TeX$ Live dapat diperbarui (update). Panduan dalam pemasangan $TeX$ Live pada komputer dapat dipelajari di sini.
  4. Com­pre­hen­sive $\mathbf\TeX$ Archive Net­work (CTAN) adalah gudangnya paket-paket $\small\LaTeX$ yang diperlukan dalam penulisan dokumen $\small\LaTeX$. Sangat tepat bila, sebelum menggunakan suatu paket, dipelajari lebih dulu berbagai hal tentang paket tersebut. Dalam $TeX$ Live semua dokumen yang menyertai suatu paket langsung terpasang pula di komputer. Kita dapat mencarinya, misalnya dengan menggunakan mesin pencari Everything dari voidtools, untuk mempelajarinya.
  5. Bergabunglah dengan forum pengguna $\mathbf\LaTeX$, misalnya TeX Users Group (TUG)StackExchange, atau $LaTeX$ Community. Di dalamnya juga tergabung para pengembang, praktisi, dan penerbit software dan dokumen $\LaTeX$. Di forum tersebut kita dapat bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami tentang $\LaTeX$, mencari unsur-unsur yang diperlukan dalam penulisan dokumen, dan menjawab pertanyaan dari anggota lain.
  6. Gunakan situs penyedia layanan penulisan dokumen $\small\mathbf\LaTeX$, misalnya ShareLaTeX atau writeLaTeX, untuk mempraktikkan $\small\LaTeX$ dalam tulisan. Dalam hal ini situs writeLaTeX hanya dapat melayani jenis pengetikan (typeset) pdflatex. Jenis pengetikan lainnya: LuaLaTeX, XeLaTeX, dan ConTeXt dapat dilakukan dengan $TeX$ Live pada komputer. Keuntungan dalam menulis secara daring (online) adalah kita dapat sekaligus memanfaatkan kelima unsur di atas dalam penulisan dokumen.

Demikian semoga bermanfaat.

Adjie Gumarang Pujakelana 2014



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...